Ilustrasi

PERAN ayah sebagai kepala rumah tangga, salah satunya adalah bertanggung jawab atas pendidikan anak. Terutama dalam hal menyokong kebutuhan finansial agar anak bisa memperoleh hak pendidikan. Ternyata menghadapi tahun ajaran baru sekolah, peran ayah bukan hanya sekadar materi atau finansial.

Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menjelaskan peran ayah juga penting dalam mendampingi anak di tahun ajaran baru sekolah. Vera menjelaskan ayah harus terlibat dalam pendidikan anak.

“Termasuk sesekali mengantar atau menjemput, menunjukkan ketertarikan pada apa yang anak minati di sekolah,” kata Vera dikutip dari JawaPos.com.

Tak hanya sekadar mengantar sampai gerbang sekolah, menurut Vera, ayah juga perlu menjalin komunikasi yang baik dengan guru. Sehingga guru akan mengenal sosok ayah begitu juga sebaliknya. Hal itu baik bagi perkembangan psikologis anak.

“Ayah yang terlibat membuat anak tambah termotivasi untuk menjalani sekolahnya karena merasa diperhatikan oleh kedua orang tuanya,” jelas Vera, beberapa waktu lalu.

Peran ayah berbagi dengan bunda dalam mendampingi anak sekolah. Ayah dan bunda bisa bergotong royong dalam memberi pesan atau nasihat agar anak lebih mandiri di rumah keduanya di sekolah.

“Pesan sih bisa yang standar-standar saja tapi khusus untuk yang sudah remaja, sebaiknya tidak perlu banyak nasihat karena akan membuat mereka tidak nyaman dan merasa tidak dipercaya kemampuannya oleh ortunya sendiri,” jelasnya.

Sebab, kata dia, anak yang terbiasa mandiri, tahu kelebihan dirinya dan mendapatkan perhatian yang cukup di rumah akan tumbuh menjadi anak yang memandang positif pada dirinya sendiri. Sehingga anak terbiasa mengandalkan dirinya sendiri untuk menghadapi tantangan, tak mudah frustrasi, dan tidak mudah minder.

(ika/JPC/JPG)