Ayo Cegah Penyakit Gagal Ginjal Sejak Dini

Ilustrasi (AFP)

GAGAL Ginjal Kronik merupakan penyakit katastropik. Seseorang yang sudah mengalami penyakit ginjal di tahap ujung akhir berarti masuk dalam tahap Gagal Ginjal Terminal (GGT). Salah satu pengobatannya yang paling populer adalah hemodialisis atau akrab disapa dengan istilah “cuci darah”.

Hemodialisis adalah proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan luar tubuh. Artinya hemodialisis menggunakan mesin sebagai pengganti fungsi ginjal menyaring darah.

Kondisi inilah dialami pelawak senior Eko DJ Srimulat yang baru saja tutup usia. Penyakit gagal ginjal juga dialami Gitaris Slank Abdee Negara. Jika sudah sampai tahap akhir pengobatan yang bisa dilakukan adalah hemodialisis, peritoneal dialysis, dan transplantasi ginjal.

Ada banyak cara untuk mencegah penyakit ini sejak dini. Salah satunya jangan sampai membuat tubuh kelebihan berat badan atau obesitas.

Karena itu, masyarakat harus bisa menjaga pola makannya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ginova Nainggolan dalam keterangan tertulisnya menjelaskan sejumlah cara mencegah penyakit ini sejak dini, Selasa (28/3). Berikut penjelasannya:

1. Pencegahan Bagi Masyarakat Normal :

Hati-hati konsumsi obat sembarangan

Hindari penyakit yang merupakan risiko penyakit ginjal kronik yaitu hipertensi dan diabetes

Berolahraga, jaga berat badan agar normal

Konsumsi makanan tinggi serat dan perhatikan konsumsi garam

Cek tekanan darah dan gula darah

2. Pencegahan pada pasien Diabetes dan Hipertensi :

Kendalikan tekanan darah dan gula darah

Biasanya diterapi dokter primer atau spesialis

Dokter sering kurang awas terhadap gangguan ginjal

Walaupun panduan terapi menganjurkan ginjal diperiksa pada penyakit ini, nyatanya jarang dilakukan. (cr1/JPG)