Bahan Pokok di Cilegon Dipastikan Aman Hingga Ramadhan dan Lebaran

CILEGON – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperin) Kota Cilegon memastikan persediaan bahan pokok di sejumlah pasar Kota Cilegon aman hingga memasuki ramadhan dan lebaran idul fitri nanti.

Kasi Stabilisasi Harga pada Disperin Kota Cilegon Ikhsan Hasibuan mengatakan stok kebutuhan bahan pokok yang di pasok ke Kota Cilegon baik dari luar daerah maupun barang dari negara luar tidak ada yang mengalami kelangkaan. “Aman sampai lebaran juga,” katanya, Jumat (5/5).

Namun demikian, Ikhsan memperkirakan kenaikan harga bahan pokok akan terjadi pada satu pekan menjelang bulan ramadhan hingga satu hari memasuki lebaran. “Bisa seperti tahun lalu kenaikan mulai terjadi di minggu pertama jelang ramadan,” ujarnya.

Meski demikian ia mengaku tidak bisa memaksa pedagang agar tidak menaikan harga diluar batas wajar. Pihaknya hanya menghimbau kepada para pedagang pasar agar bersama-sama menekan tingginya kenaikan harga. “Kita tidak bisa memaksa, karena yang didagangkan mereka bukan barang bersubsidi. Kenaikan harga di bulan ramadhan kata para pedagang untuk memberikan thr kepada karyawannya,” ucapanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Baru Kranggot Cilegon, Muhibin memprediksi kenaikan harga bahan pokok yang berada diwilayah pasarnya itu baru akan terjadi pada H-4 bulan ramadan. “Biasa kenaikan harga tahunan,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)