Baharkam Polri Gandeng Aptrindo Berantas Pembajakan Angkutan Barang

CILEGON – Guna meningkatkan keamanan jasa angkutan barang, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo). Pasalnya, Baharkam bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan serta upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri.

Hal itu disampaikan Wabaharkam Irjen Pol. Eko Hadi Sutedjo pada acara Rapimnas Aptrindo di Hotel Krakatau Royale, Kamis, (25/2/2016). Dalam sambutannya, ia menyampaikan pihaknya akan bekerja sama dengan Aptrindo. Tujuannya, agar truk-truk angkutan barang yang lalu lalang di jalan aman terkendali dari tindak kriminal.

“Sekarang marak pembajakan barang dan pembajakan orang terjadi di jalanan. Maka kerja sama ini akan meningkatkan keamanan para supir truk dan juga pengamanan barangnya. Dalam kesempatan ini, kita akan fokus mengawal para angkutan barang yang terlihat di jalanan. Hal itu sebagai antisipasi tindakan kriminal di jalanan,” ujarnya.

“Kita harus punya kepercayaan diri guna menciptakan keunggulan dalam hal tranportasi angkutan barang. Aspek keamanan menjadi hal penting dalam meningkatkan jasa angkutan barang dan jasa. Membangun sistem manajemen yang baik antara sopir truk dengan pengusahanya. Hal itu dilakukan guna meningkatkan keamanan dalam menjawab tantangan dan strategi truk angkutan barang,” paparnya.

Ke depan, lanjut Eko, pihaknya akan melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan sistem keamanan yang lebih baik. Dalam hal ini transportasi truk menjadi prioritas yang harus dilakukan pengawalan. Pasalnya, angkutan barang truk berpotensi adanya penyelundupan barang berbahaya, seperti narkoba dan juga barang lainnya yang membahayakan keamanan bangsa. (Ade F)