Bahu Jalan Desa Tanjungburung Teluknaga Ambles

0
1117

TANGERANG- Bahu jalan utama Desa Tanjungburung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, ambles pada Selasa (16/2) malam. Panjang bahu jalan yang hilang akibat turapnya longsor tersebut mencapai 10 meter.

Warga setempat bernama Arif mengkhawatirkan kerusakan itu akan merembet. Merusak badan jalan, mengingat jalan tersebut sering dilintasi truk bermuatan berat.

“Banyak truk yang lewat angkut sapi ke pabrik peternakan sapi di dekat turap yang longsor. Nanti khawatirnya jalan ikut ambles karena enggak kuat nahan,” katanya kepada wartawan, Rabu (17/2).

Arif berharap, pemerintah sigap dan cepat memperbaiki turap dan jalan utama desa. “Semoga cepat diberesin lagi sama pemerintah,” ujarnya.

Kepala Desa Tanjungburung Idris Effendi menjelaskan bahwa turap yang longsor tersebut berdekatan dengan Sungai Cisadane. Turap tersebut hasil swadaya masyakat dan PT TUM sekitar 10 tahun lalu.

Idris menduga, penyebab longsor akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir. “Kemungkinan besar karena sudah rapuh kondisinya, maka terjadi longsor seperti saat ini,” katanya.

Idris berharap, pihak terkait seperti Balai Besar Ciliwung-Cisadane segera menindaklanjuti permasalahan tersebut, karena menyangkut keselamatan warga. “Apabila tidak segera ditangani, dikhawatirkan juga jalan desa akan terputus akibat longsor susulan,” ujarnya. (rbnn)