Bakal Bertambah, Pojok Rokok dan Pojok Baca

WALANTAKA – Pojok baca bakal melengkapi fasilitas umum di RT 06 RW 02, Lingkungan Pipitan, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka. Warganya terus mencari ide dan menuangkannya. Mereka terus bergerak membenahi lingkungannya untuk memenangkan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Pada penilaian tahap pertama, warga RT ini cukup berhasil membuat tim juri LRLA kagum. Lingkungannya bersih, rapi, dan indah. Namun, hasil kerja bersama warga ini belum bisa disebut sempurna. Belum bisa memenuhi semua kategori lomba.

Karena itu, diakui oleh Ketua Pelaksana Penataan RT 06 Muhamad Rofiq, tim juri menyampaikan catatan-catatan yang harus dipenuhi. Di antaranya, kelengkapan pos ronda serta legalitas kelompok pemuda penggerak linkungan dan kelompok penggerak sadar hukum.

“Makanya, sekarang kita mau lengkapin semuanya,” kata Rofiq kepada Radar Banten, Senin (18/5).

Pos ronda awalnya hanya gardu biasa seluas  3 x 5 meter persegi, kini sudah dicat. Jadwal ronda, kentongan, dan fasilitas penunjang lainnya telah melengkapi pos ronda.“Kita bakal lengkapi dengan papan nomor telepon darurat, alat pemadam api ringan, dan borgol,” tambah Rofiq.

Di pos ronda RT 06 ini, ada pojok rokok. Area bagi perokok. Lalu, di kanan-kiri pos ronda, dihias dengan tanamn dalam pot. Pos ronda inipun dipagari.

Untuk legalitas kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum, kata Rofiq, pihaknya sedang mengurus di Pemerintah Kelurahan Pipitan. “Semua masukan dari tim juri bakal kami penuhi,” katanya.

Pemuda RT ini juga sedang membuat pojok baca di lahan milik samping. Rencananya, pemuda bakal membuat perpustakaan mini. Sehingga, anak-anak sekolah yang tengah belajar di rumah, bisa bermain sambil membaca.

“Kita juga sedang memperbanyak penghijauan untuk bikin RTH,” jelas Rofiq.

Ketua RW 02 Juanda Saputra mengaku bangga pada semangat dan kekompakan pemudaRT 06. Sejak ada LRLA, RT 06 jadi bersih, hijau, dan tertata. “Pemuda gotongroyong siang dan malem. Semoga dapat juara satu,” harapnya. (mg06/don)