Bakal Segera Dibangun, Flyover Bitung Solusi Kemacetan

TIGARAKSA – Flyover Bitung rencananya bakal segera dibangun untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Serang, terutama di Bitung sampai Curug.

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah mengatakan, rencana pembangunannya sudah mulai dibahas sekarang ini. ”Kami sedang membahasnya, untuk anggarannya menggunakan APBN, karena memang jalan nasional,” kata Iwan, Kamis (23/8).

Dia menjelaskan, untuk Pemkab Tangerang hanya membantu saja. ”Untuk studi awal atau feasibility study (FS) akan dilakukan oleh Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dan sifatnya cuma koordinasi saja,” jelasnya.

Untuk koordinasi akan dibicarakan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).  Dibangunnya flyover tersebut lantaran kemacetan yang terjadi dari waktu ke waktu terus meningkat di jalan tersebut. ”Dengan adanya flyover, diharapkan kemacetan yang biasa terjadi bisa berkurang. Sedangkan untuk lebarnya tidak jauh beda seperti flyover Balaraja,” terang Iwan.

Namun sayang, ketika ditanya mengenai jumlah anggaran proyek, Iwan mengaku belum tahu berapa nilai anggaran yang dibutuhkan untuk membangun flyover tersebut. ”Karena ini kewenangannya pusat, maka yang tahu jawabannya ya pusat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Wilayah Bappeda Erwin Mawandi mengaku belum mengetahui soal pembahasan rencana pembangunan flyover itu. ”Terkait rencana pembangunan flyover Bitung, sampai saat ini saya belum mendapatkan informasinya. Termasuk mulai kapan pelaksanaannya maupun rencana biayanya. Tapi kalau pun ada pembahasan hal itu, diharapkan keberadaan flyover bisa menjadi solusi kemacetan,” tandasnya. (Umam/RBG)