Bakal Taman di Tempat Sampah Liar di RT 01 Sukajaya Kavling

0
730 views

KASEMEN – Sebuah taman menjadi impian warga RT 01 RW 012, Lingkungan Sukajaya Kavling, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen. Adalah lahan kosong yang semula untuk membuang sampah sebagai lokasi taman atau ruang terbuka hijau (RTH). Tekad warga ini untuk menghilangkan kesan kumuh di kampungnya.

Ketua RT 01 Khaerudin menuturkan, warganya telah melakukan beberapa persiapan untuk menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. “Yang sudah kami lakukan, di antaranya, pengecatan, pemagaran baru sebagian, dan penghijauan di setiap rumah. Yang sedang kami fokuskan itu pembuatan taman di samping pos ronda. Awalnya, itu tempat pembuangan sampah warga. Kami uruk dan akan dijadikan taman,” katanya pada Rabu (29/7) lalu.

Pemagaran jalan di beberapa titik, menurut Khaerudin, tinggal pemasangan. Sebab, pagar sudah selesai dibuat oleh warga.

Warga kampung ini juga akan mengecat ulang hasil pengecatan sebelumnya. Pasalnya, warna-warni di RT 01 mulai memudar.

“Untuk taman atau ruang terbuka hijau, setelah diuruk, kami menatanya dengan memanfaatkan barang bekas seperti peti buah dan lainnya. Setelah Idul Adha, pembuatan taman akan dilanjutkan lagi,” jelasnya.

Ade Feri, anggota kelompok pemuda penggerak lingkungan RT 01, menyatakan bahwa persiapan warga menghadapi penilaian LRLA masih terkendala corona. “Sekarang juga ada (kegiatan warga menata lingkungan-red), khususnya di sebelah pos ronda. Tapi tidak secepat dulu. Warga dan pemuda juga turut membantu, walaupun tidak semaksimal seperti sebelum ada pandemi,” tutupnya. (rio/don)