Balapan Liar di KP3B Dibubarkan, 25 Motor Diangkut Polisi

SERANG – Aksi balapan liar di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Jalan Syekh Nawawi dibubarkan aparat kepolisian Polsek Curug, Minggu (17/11) dini hari. Sebanyak 25 unit motor milik pelaku balap liar diamankan polisi dari lokasi.

“Ada puluhan motor yang kami amankan. Di lokasi, kami juga mengamankan anak-anak muda yang turut menyaksikan dan diduga sebagai pelaku balapan liar,” ujar Kapolsek Curug Inspektur Polisi Satu (Iptu) Shilton.

Shilton mengatakan, pembubaran balapan liar tersebut dilakukan setelah masyarakat yang resah melaporkan aktivitas mereka. Para joki balapan liar tersebut mengganggu pengguna jalan dan menimbulkan kebisingan. “Aksi balapan liar ini sangat meresahkan masyarakat, terutama pengguna jalan,” katanya.

Operasi penertiban balapan liar di kawasan KP3B sebelumnya sudah sering dilakukan. Namun, joki balap liar ini masih membandel. “Kami berpesan kepada para orangtua harus berperan besar dalam mengawasi putra-putrinya, jangan berikan kendaraan kepada anak yang masih belum cukup umur karena aksi balapan liar ini sangat berbahaya,” ucapnya.

Shilton mengaku, telah mendata sejumlah remaja yang diamankan dalam operasi tersebut. Sementara, kendaraan dibawa ke Mapolsek Curug. Kendaraan tersebut akan dikembalikan, dengan syarat dokumen kepemilikan kendaraan dan mengembalikan spesifikasi kendaraan sesuai standar yang ditetapkan Polri.

“Pemilik kendaraan diwajibkan membawa dokumen dan SIM saat mengambil motor. Nanti yang ambil motor juga harus didampingi dengan orangtuanya,” tuturnya. (mg05/nda/ira)