Bangun BUMD Agrobisnis, Pemprov Banten Revisi RPJMD

0
566 views
Musrenbang Revisi rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 di Hotel Horison Cilegon, Senin (29/4).

CILEGON – Pemprov Banten merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 demi memuluskan rencana pendirian badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang agrobisnis.

Revisi RPJMD mulai memasuki pada tahapan pembahasan di musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). “Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian perubahan atau revisi RPJMD ke Dewan,” ujar Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) usai Musrenbang Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 di Hotel Horison Cilegon, Senin (29/4).

WH menjelaskan, perubahan RPJMD guna terbentuknya BUMD Agrobisnis sesuai dengan arahan Kemendagri. WH mengaku sudah beberapa kali berkomunikasi dengan Kemendagri mengenai rencana Pemprov Banten tersebut. “Yah birokrasi kan begitu, kita gak bisa langsung,” ujar WH.

Menurutnya, Pemprov Banten penting memiliki BUMD agrobisnis karena potensi alam di Banten sangat besar namun potensi itu belum optimal karena hasil pertanian di bawa terlebih dahulu ke daerah lain sebelum diedarkan di pasar, sehingga membuat harga lebih mahal.

“Masyarakat butuh kehadiran pemerintah dalam menyikapi persoalan itu,” tutur WH. (Bayu Mulyana)