Bangun Gapura, Babinsa Ikut Berpartisipasi

0
858 views

WALANTAKA – Semangat warga RT 013 RW 02, Lingkungan Ciwirumasjid, Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka, kembali menyala. Ini terjadi setelah Babinsa Kelurahan Cigoong ikut menggerakkan warga dan berpartisipasi membangun gapura.

Untuk penilaian tahap kedua sekaligus tahap akhir Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, RT 013 terus bersolek. Warga kampung di dekat persawahan ini terus bergerak untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Namun, Babinsa Kelurahan Cigoong, Serda Susilo, mengakui jika persiapan RT 013 untuk menyambut juri pada penilaian tahap dua masih banyak kekurangan. Soalnya, kegiatan warga menata kampungnya sempat berhenti selama beberapa pekan. Semangat warga sempat kendor lantaran kehabisan anggaran.

”Tapi saya bangkitkan lagi dengan mengajak warga swadaya,” kata Susilo kepada Radar Banten, Minggu (16/8).

Sosilo juga ikut menyumbang baja ringan untuk membangun gapura RT 013. Meski masih banyak kekurangan lainnya, ia mengutamakan pembangunan gapura terlebih dulu. Soalnya, warga sudah lama ingin kampungnya dilengkapi gapura sebagai penanda batas wilayah RT. ”Saya sih ikut kesepakatan warga aja,” ungkapnya.

Penghijauan di RT ini masih minim. Belum tampak tanaman di sepanjang jalan kampung.

Alat keamananan di pos ronda pun belum dilengkapi. Bahkan, pengurus RT dan warga belum mengurus pengesahan pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan.

Lurah Cigoong Retno Damayanti menambahkan jika pihaknya sudah menyiapkan sekira 100 pot dan tanaman untuk tiap RT yang ikut LRLA. Di kelurahan ini, ada enam RT yang menjadi peserta lomba.

Saat ini, ratusan tanaman jenis sayur dan tanaman hias masih berada di penjual tanaman di wilayah Kelurahan Cigoong. ”Supaya kondisinya tetap bagus dan terawat, kita simpan dulu di sana,” jelas Retno. (mg06/don)