Bangun Pelabuhan Warnasari, Pemkot Dipastikan Bakal Gandeng PT Pelindo

PT Pelindo II
Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II, Saptono Rahayu Irianto. (Foto: Devi Krisna)

CIWANDAN – Sinyal kerjasama antara PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) dengan Indonesian Port Corporation (IPC) PT Pelindo II (Persero) Banten dalam operasional pelabuhan Warnasari menguat.

General Manager IPC PT Pelindo II Banten, Chiefy Adi Kusmargono mengatakan, pembahasan kedua belah pihak terkait rencana kerjasama itu sudah sampai pada tahap yang serius. “Kita sudah tiga kali bertemu dengan PT PCM, dan dua kali melakukan kunjungan lapangan ke sana (Warnasari). Termasuk Pak RJ Lino (mantan Dirut PT Pelindo) juga sempat mengunjungi Warnasari,” ungkapnya, Kamis (21/1/2016).

Pertemuan dengan PT PCM itu, kata dia, atas dorongan dari Pemkot Cilegon selaku pemegang saham atas PT PCM. “Saya sudah usulkan ke kantor pusat, untuk dibikinkan kerjasamanya. Jadi saat ini kita tinggal tunggu sign (tanda) dari Pak Walikota untuk teknis pekerjaan,” katanya.

Realisasi kerjasama itu dipastikan tidak dalam bentuk Build, Operate and Transfer (BOT), lantaran memakan waktu kerjasama yang lama, yakni sekira 30 tahun. Kerjasama BOT bahkan sempat juga menjadi wacana antara PT PCM dengan PT Samudera Indonesia (SI), beberapa waktu lalu. Lantaran Pemkot merasa kurang diuntungkan dengan pola kerjasama tersebut, tindak lanjut kerjasama dengan PT SI itupun tak terdengar lagi.

“Dengan lahan yang ada itu, akan dihitung dia (PT PCM) penyertaan saham berapa persen, dan kita yang bangun dermaga, dan kerjasama itu juga bisa berlanjut dengan adanya penawaran kepemilikan saham dengan swasta, baru kita operasikan. Yang pasti, kita inginnya saham itu Pemda yang mayoritas,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II, Saptono Rahayu Irianto membenarkan adanya rencana kerjasama pemanfaatan lahan seluas 45 hektar tersebut. Prinsipnya, kata dia, kerjasama yang akan terbangun nantinya harus dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

“Yah, (kerjasama dengan PCM) lagi dibahas. Pokoknya kita lagi study bareng, membicarakan ke depannya seperti apa, secara detil, baru kita bicara MoU dan lain-lain. Progress pembahasannya, nanti kita tunggu ya,” ujarnya. (Devi Krisna)