Bangun Pos Ronda, Aktif Penyuluhan Bahaya Narkoba

0
1.574 views

KASEMEN – Warga Lingkungan Kesatrian, RT 04 RW 08, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, bakal membangun pos ronda. Di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 ini, warga juga mengaktifkan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba kepada kalangan remaja di perkampungan ini.

Ketua RT 04 RW 08, Lingkungan Kesatrian, Koko mengaku sangat khawatir dengan peredaran narkoba di wilayahnya. Kendati ia mengaku belum ada kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya, tapi antisipasi perlu dilakukan dan ditingkatkan. Koko menyadari, wilayahnya yang dekat dengan Pelabuhan Karangantu dan Stasiun Karangantu bisa menjadi akses pengedar narkoba.

“Makanya, kita mau bangun pos ronda dan lebih mengaktifkan penyuluhan pencegahan narkoba,” kata Koko kepada Radar Banten, Senin (30/3).

Pembangunan pos ronda akan dilakukan warga RT 04 RW 08 pada pekan depan. Lahan yang akan digunakan berukuran 3 x 4 meter di dekat Jalan Raya Serang-Karangantu.

Area pos ronda, jelas Koko, juga akan dibuat taman bermain anak. “Kita gotong royong hari Minggu (5/4), soalnya kebanyakan pemuda di sini kerjanya buruh pabrik,” ungkapnya.

Untuk penyuluhan bahaya narkoba, kata Koko, pihaknya sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Banten dan Polsek Kasemen. Penyuluhan bahaya narkoba secara mandiri, dilakukan oleh pengurus RT, juga dilakukan dengan menyasar pemuda di Kesatrian.

“Biasanya, kalau lagi pada kumpul, saya datengin sambil ngobrol santai sekalian diingetin bahaya narkoba,” tutur Koko.

Jalan di RT 04 RW 08 yang dihuni oleh sekira 150 jiwa dari 80 kepala keluarga (KK), lanjut Koko, juga akan dipagari. Jalan yang bakal dilengkapi pagar bambu dengan cat warna-warni tersebut sepanjang 200 meter. “Target, pertengahan April sudah beres penataannya,” tegas Koko.

Sementara, Lurah Banten Hizbullah mengakui, LRLA Kota Serang 2020 telah mampu meningkatkan kesadaran warga untuk hidup bersih dan sehat. “Kita tata dari hal kecil dulu (dengan membuang sampah pada tempatnya-red). Semoga, dengan lomba ini, warga jadi terbiasa untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan,” harapnya. (mg06/don)