Banjir Bandang dan Longsor Terjang Citorek Kidul

LEBAK – Hujan deras yang mengguyur wilayah Lebak Selatan mengakibatkan banjir bandang dan longsor Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber pada Jumat (6/12) sekira pukul 16.30 WIB. Akibat kejadian tersebut belasan rumah terendam banjir, sedangkan akses transportasi masyarakat dari Citorek menuju Cirotan terputus akibat longsor.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Citorek dan sekitarnya sejak pukul 13.00 WIB. Akibat kejadian tersebut Sungai Ciusul meluap sehingga merendam puluhan rumah yang ada di sekitar bantaran sungai. Warga yang ada di bantaran sungai dievakuasi relawan bencana bersama perangkat desa ke lokasi yang aman.

Kepala Desa Citorek Kidul Narta mengatakan, banjir bandang terjadi cukup cepat. Awalnya hujan deras mengguyur wilayah Citorek dari Jumat siang. Pada sore hari air bah datang dan merendam rumah penduduk.

“Sampai sekarang masih turun hujan di sini. Bahkan, kami sedang evakuasi enam keluarga ke lokasi yang aman,” kata Narta kepada Radar Banten, Jumat malam.

Lelaki yang akrab disapa Jaro Atok ini menceritakan, jalan provinsi dari Ciusul ke Cilupus sepanjang 2,9 kilometer macet total. Kondisi tersebut akibat longsor yang terjadi pada Jumat sore. Di lokasi tersebut diperkirakan ada 12 titik longsor yang menutupi badan jalan raya. Bahkan, ada beberapa kendaraan yang terjebak di tengah-tengah jalan yang longsor, sehingga mereka tidak bisa ke mana-mana.

“Saya bersama perangkat desa dan relawan bencana berupaya maksimal melakukan penyelamatan terhadap masyarakat. Sampai sekarang enggak ada laporan ada korban akibat bencana banjir dan longsor di Citorek Kidul,” jelasnya.

Untuk objek wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, Atok memastikan aman dari longsor. “Kalau Gunung Luhur kondisinya aman pak,” terangnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi membenarkan, telah terjadi bencana banjir dan longsor di dua kecamatan, yakni Cibeber dan Bayah. Di Cibeber kejadiannya pada sore hari, akibat luapan Sungai Ciusul. Sementara itu, banjir akibat luapan Sungai Cimadur di Bayah merendam puluhan rumah. “Sebagian rumah masih terendam hingga malam ini. BPBD telah menerjunkan tim ke Bayah dan Cibeber untuk penyelamatan korban bencana,” terangnya.

Tim BPBD Lebak, lanjutnya, telah berada di lokasi untuk membantu evakuasi korban banjir dan longsor. Untuk data rumah yang terdampak bencana masih terus didata. Karena itu, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah rumah yang terendam. “Untuk korban belum ada laporan. Tapi ada dua jembatan yang ambruk akibat banjir, yakni di Ciusul dan Cisungsang,” terangnya. (tur/air/ags)