Banjir di Padarincang Mulai Surut

0
699 views

SERANG- Banjir d Kampung Citasuk, Desa Sukamaju dan Kampung Ciseke, Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Sabtu (14/1) mulai surut. Tidak ada korban jiwa dan kerugian materi yang dialami warga.

“Wilayah dampak banjir di Citasuk Rt 24, 25, 26 Rw 05 dan Kampung Ciseke mulai kondusif. Menurut laporan Koramil Padarincang saat ini ketinggian air 10 cm. Tak ada kerugian materil ataupun korban jiwa. Warga sudah terbiasa dengan peristiwa tersebut,” ujar Shadat, salah seorang Tim Pusdalops dan Pusdaltin BPBD Kabupaten Serang yang sedang piket di kantor.

Meskipun demikian, lanjut Shadat, Tim BPBD Kabupaten Serang terus berkoordinasi dengan Koramil Padarincang untuk terus memantau lokasi dampak banjir. “Sampai saat ini masih aman tapi tidak menutup kemungkinan debit air kembali naik karena di sana mulai hujan lagi. Di sana belum dibuat posko pengungsian karena banjir juga tidak begitu darurat,” ujarnya.
Shadat menambahkan, selain di Kecamatan Padarincang, banjir juga melanda Kampung Paya, Desa Ketos, Kecamatan Kibin. “Sekitar pukul 05.00 WIB Kampung Paya terendam banjir 20 sampai 30 cm. Penyebab banjir karena wilayah tersebut merupakan dataran rendah sehingga sering terjadi banjir. Saat ini sudah mulai surut. Warga juga tidak panik karena menganggap sudah biasa dengan kejadian tersebut. Setiap hujan besar wilayah tersebut terendam banjir dan cepat surut,” tambahnya.

Shadat mengungkapkan BPBD Kabupaten Serang akan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk penanganan lebih lanjut. “Saat ini kami akan berikan informasi ke dinas-dinas terkait agar ada penanganan lebih lanjut jika terjadi peristiwa bencana. Kami mengimbau pada warga Kabupaten Serang, terutama yang sering terdampak banjir untuk meningkatkan kewaspadaanya sebab menurut laporan BMKG, sampai Maret cuaca masih akan hujan,” ujarnya. (Ade F)

.