Bank Banten Dorong Jamkrida Kembangkan Jaringan ke Luar Banten

SERANG – Bank Banten mendorong Jamkrida Banten untuk mengembangkan jaringan bisnisnya ke daerah-daerah lain di luar Banten.

Dorongan tersebut dilontarkan oleh Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dalam acara Gala Dinner Harapan (Harmoni Persahabatan) di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Rabu (21/3) malam.

Kepada awak media, Fahmi menjelaskan, dorongannya itu selain untuk memperluas jaringan bisnis Jamkrida Banten, namun sebagai bentuk dukungan Bank Banten sebagai sesama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten untuk perkembangan badan usaha yang bergerak di bidang penjaminan kredit tersebut.

“Kita sama-sama BUMD Provinsi Banten, aset Banten. Optimis, kami bersama Jamkrida akan tumbuh berkembang,” papar Fahmi.

Menurut Fahmi, Jamkrida Banten sangat mungkin untuk mengembangkan bisnisnya di daerah lain di luar Banten, mengingat Bank Banten saat ini memiliki sejumlah cabang di daerah-daerah lain di luar Banten.

“Bank Banten kan jaringannya ada di Medan, Manado, silakan mereka (Jamkrida) datang ke cabang kami di luar Banten,” ujar Fahmi.

Sejauh ini, kerja sama bisnis antara Bank Banten dengan Jamkrida menunjukkan dampak positif bagi masing-masing perusahaan. Kerja sama melalui kredit konsumer, garansi bank, serta beberapa kerja sama lainnya menunjukkan dampak baik yang signifikan bagi perusahaan.

Ke depan, Bank Banten pun akan mengembangkan produk bisnisnya, Fahmi berharap produk-produk itu bisa disinergikan dengan Jamkrida sehingga kerja sama yang telah dibangun bisa ikut berkembang.

Secara kinerja, Bank Banten, menurut Fahmi pada tahun 2017 sudah mengalami perbaikan. Hal tersebut bisa dilihat dari sejumlah faktor. Misalnya, peningkatan kredit dari Rp 3,2 triliun menjadi Rp 5,1 triliun, tumbuh sekitar 56 persen.

Kemudian, dana pihak ketiga dari Rp 3,8 triliun menjadi Rp 5,5 triliun tumbuh sekitar 43 persen. “Aset kami tumbuh 46 persen dari Rp 5,2 triliun jadi Rp 7,6 triliun, kemudian menekan keriguan menjadi signifikan dari Rp 405 miliar pada tahun 2016, sekarang hanya Rp 76 miliar,” papar Fahmi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman mengatakan, setelah membangun kerja sama dengan Bank Banten, produksi Jamkrida mengalami perrumbuhan yang siginfikan.

“Lebih dari 70 persen produk kita disupport Bank Banten. Bisa dikatakan, Bank Banten menjadi tulang punggungnya kami,” kata Hendra.

Kerja sama antara dua perusahaan tersebut pun diharapkan terus berkembang seiring berkembangnya produk-produk perusahaan.

“Bank Banten semakin berkembang produknya, ke depan akan ada produk-produk kredit baru. Kalau Bank Banten bagus, kami bagus juga,” ujar Hendra.

Agenda Gala Dinner Harapan ini menurut Hendra merupakan bentuk apresiasi, karena selama ini Jamkrida Banten selalu disupport Bank Banten. Diharapkan, hubungan kedua perusahaan ini semakin erat. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)