Bank Banten Kembangkan Bisnis di Karawang

0
1.603 views
Plt. Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Ruspendi saat tanda tangan perjanjian kerjasama.

JAKARTA – PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. (Bank Banten) melebarkan sayap ke Kabupaten Karawang dengan cara mengembangkan bisnis melalui segmen kredit konsumer.

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bank Banten dengan Pemerintah Kabupaten Karawang di Karawang, pada Jumat (7/7) lalu.

Melalui keterangan resmi yang diterima Radar Banten Online, acara penandatanganan ini dilakukan oleh Plt. Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Ruspendi. Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Divisi Jaringan dan Layanan Bank Banten Dida Herdiyana dan Pemimpin Cabang Bank Banten Karawang Budi Nurhidayat.

“Perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang berupa penyaluran kredit pegawai terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di dalam lingkup Kabupaten Karawang. Melalui Kredit Karya Guna diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai ASN di Pemkab Karawang,” ujar Fahmi dalam keterangan resminya, Selasa (11/7).

Kredit Konsumer merupakan segmen bisnis Bank Banten berupa pembiayaan kepada nasabah dalam memenuhi kebutuhan konsumtif. Kredit yang yang disalurkan utamanya adalah secured loan yaitu kredit kepada pegawai aktif Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pensiunan hingga karyawan swasta. “Kami menjalin kerjasama ini karena potensi jumlah ASN yang cukup besar yaitu 12.000 pegawai. Selain itu kami juga diberikan kesempatan untuk melayani setoran pajak PBB dan setoran retribusi lainnya, penyaluran Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) kepada PNS, pemberian Kredit KKG kepada PNS dan juga pemberian kredit kepada Rekanan Pemda Karawang,” jelas Fahmi.

Dengan dilaksanakannya perjanjian kerjasama tersebut, maka pertumbuhan kredit konsumer Bank Banten diharapkan dapat meningkat. Terutama dengan adanya layanan perbankan lainnya maka jaringan kantor cabang dan ATM Bank Banten yang tersebar di seluruh Indonesia dapat menjadi pusat pertumbuhan bisnis Bank Banten di wilayah luar Banten. “Hingga Mei 2017 kami memiliki 47 Kantor Cabang di seluruh Indonesia yang seluruhnya dapat menerima pembayaran pajak karena kami telah ditunjuk sebagai bank persepsi, sehingga layanan perbankan kami menjadi lebih lengkap,” ujar Fahmi.

Hingga Mei 2017, penyaluran Kredit Konsumer Bank Banten telah mencapai Rp553,5 miliar. Penyaluran kredit konsumer Bank Banten baru dilaksanakan pada Triwulan III 2016 sejalan dengan akuisisi Bank Banten menjadi BPD. Perubahan status menjadi BPD tersebut mengharuskan Bank Banten untuk melakukan transformasi dan menjadikan Kredit Konsumer sebagai salah satu fokus bisnis Bank Banten. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)