Bank bjb dan Pemkab Tangerang Kerja Sama Setoran Retribusi

0
116

TANGERANG – Bank bjb bersama Pemkab Tangerang melakukan perjanjian kerja sama tentang Layanan Penerimaan Setoran Retribusi Daerah. Penandatanganan dilakukan di Lapangan Maulana Yudha Negara, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sabtu (17/8).

Pimpinan Bank bjb Cabang Balaraja Aden Kurniawan mengatakan, perjanjian kerja sama tersebut sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan dan memberikan kemudahan serta kelancaran pelayanan penerimaan setoran retribusi daerah di Kabupaten Tangerang. “Ke depan, pelayanan dan pembayaran retribusi daerah ini akan dilakukan secara online. Saat ini, Bank bjb sedang menyiapkan sistemnya. Semoga cepat selesai agar bisa meningkatkan pembayaran retribusi daerah dengan mudah dan cepat,” kata Aden usai penandatanganan kerja saja.

Kerja sama tersebut, lanjut Aden, sebagai bentuk sinergi antara Bank bjb dengan Pemkab Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Dari pembayaran tunai, kini mulai dikembangkan pembayaran nontunai. “Jadi selain bisa transaksi di kantor, di Alfamart dan Indomaret, sekarang bisa transaksi lewat aplikasi financial technology (fintech) dan e-commerce,” katanya.

Selain perjanjian kerja sama retribusi daerah, Bank bjb dan Pemkab Tangerang meluncurkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui Bukalapak dan Tokopedia. Launching tersebut dilakukan Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Mad Romli, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid, CEO Regional IV Bank bjb Edy Kurniwan Saputra, Pemimpin Bank bjb Cabang Balaraja Aden Kurniawan, perwakilan Bukalapak, dan Tokopedia.

Ia mengungkapkan, metode transaksi melalui e-commerce kini menjadi kebutuhan utama dan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat kekinian. Bank bjb selaku bank pengelola kas umum daerah Pemkab Tangerang bekerja sama dengan Bukalapak dan Tokopedia. “Ini diharapkan dapat meningkatkan penerimaan setoran pajak daerah sekaligus untuk meminimalisasi tunggakan tagihan PBB-P2 Kabupaten Tangerang dari wajib pajak,” katanya.

CEO Regional IV Bank bjb Edy Kurniwan Saputra mengatakan, berbagai kemudahan pembayaran pajak yang ada diharapkan dapat meningkatkan percepatan layanan dan informasi pembayaran penerimaan setoran retribusi dan pajak daerah. Selain itu, memperluas jaringan pelayanan penerimaan setoran retribusi dan pajak daerah.

“Tentunya dengan kemudahan ini target yang ditetapkan dapat tercapai dan ini berdampak baik dalam transparansi transaksi publik untuk mendukung program pemerintah,” katanya.

Ia berharap, adanya kerja sama dan transaksi melalui e-commerce juga membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melakukan transaksi perbankan atau akses layanan publik melalui channel perbankan.

“Bank bjb akan terus melakukan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat atau wajib pajak secara cepat, tepat, dan akurat. Serta memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran retribusi dan pajak daerah diseluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan, perjanjian kerja sama retribusi daerah dan transaksi terbaru melalui e-commerce itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pendapatan retribusi serta pajak daerah karena transaksinya mudah dilakukan dalam genggaman tangan. “Diharapkan bisa meningkatkan pendapatan retribusi dan pajak daerah sebanyak-banyaknya karena transaksinya mudah, bisa dimana aja, kapan aja,” katanya. (skn/aas)