Bank bjb Dorong Wajib Pajak Bayar via Online

SERANG – Bank bjb terus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah agar dapat memaksimalkan potensi serapan pajak dari warganya. Terkait penerimaan pembayaran pajak dan retribusi daerah, nasabah bisa membayar secara online melalui Bank bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb M As’adi Budiman mengatakan, dengan kerja sama ini baik masyarakat sebagai wajib pajak maupun pemerintah daerah sebagai penerima akan mendapat kemudahan lebih dalam hal pembayaran pajak dengan fasilitas dan layanan yang dimiliki Bank bjb. Pembayaran jenis pajak yang diakomodasi adalah pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2), bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pendapatan daerah dan lainnya (PDL), KIR, dan pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Menurutnya, salah satu keunggulan tersebut, yaitu wajib pajak dapat membayar pajak dan retribusi daerah secara online di mitra pembayaran yang ditunjuk seperti Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka. Selain itu, pembayaran pajak dapat dilakukan melalui seluruh channel Bank bjb, antara lain teller, ATM, dan EDC. 

“Dengan kelebihan berupa tanpa adanya pungutan biaya tambahan administrasi,” katanya.

Hingga saat ini, tercatat Bank bjb telah bekerja sama dengan 35 kota dan kabupaten di wilayah Jawa Barat dan Banten, DKI Jakarta, serta Pemkot Pekanbaru dan Pemkot Batam dalam hal layanan penerimaan pajak dan retribusi daerah.

Ia mengungkapkan, kerja sama itu sekaligus lebih mempermudah masyarakat sehingga Bank bjb menjadi pilihan tempat pembayaran wajib pajak dan wajib retribusi agar target pencapaian pendapatan daerah bisa tercapai.

Ia menjelaskan, cara pembayaran pajaknya juga terbilang mudah. Masyarakat sebagai wajib pajak hanya diharuskan memberikan informasi nomor objek pajak yang tercantum pada setiap SPPT wajib pajak kepada petugas teller apabila pembayaran di teller Bank bjb, lndomaret, Alfamart, atau mengikuti petunjuk yang ada apabila melakukan pembayaran di channel ATM, bjb Digi atau channel Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Ia mengungkapkan, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah akan membantu dalam percepatan pembangunan daerah untuk lebih maju dan berkembang. Bank bjb sebagai bank nasional yang tumbuh besar di Jawa Barat dan Banten serta memiliki salah satu misi sebagai penggerak laju perekonomian daerah berkomitmen. “Ini untuk mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan optimalisasi penerimaan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah serta sumber pendapatan lainnya,” ungkapnya. (skn/aas/ira)