Bank bjb Layani Retribusi E-Ticketing

Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan Bank bjb Isa Anwari (dua kanan) Pemimpin Kantor Wilayah IV bank bjb Edy Kurniawan Saputra (paling kanan) usai penandatanganan kerja sama di Kota Tangerang, Rabu (19/2).

TANGERANG – Bank bjb menyepakati kerja sama penerimaan setoran retribusi dengan Dinas Perhubungan Pemkot Tangerang. Kesepakatan ini diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) tentang Jasa Layanan Penerimaan Setoran Retribusi Daerah Tiket Elektronik Jasa Angkutan Umum dan Pengujian Kendaraan Bermotor Secara Nontunai.

Kerja sama ditandatangani Pemimpin Bank bjb Cabang Tangerang Bustami dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar di Kota Tangerang, Rabu (19/2). Turut hadi Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bank bjb Isa Anwari dan Pemimpin Kantor Wilayah IV bank bjb Edy Kurniawan Saputra.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergitas dan menjalin kerja sama yang dapat digarap antara kedua belah pihak. Sebelumnya, Bank bjb dan Dinas Perhubungan Kota Tangerang terlibat dalam berbagai kolaborasi yang bertujuan untuk mengembangkan layanan sekaligus memberikan servis terbaik kepada masyarakat. Sinergi dan kolaborasi yang dijalin bank bjb dengan berbagai pihak senantiasa berorientasi pada perbaikan kualitas yang mendorong pertumbuhan bagi perseroan maupun para mitra.

“Kami percaya, pelayanan terbaik akan menghasilkan kepercayaan publik yang pada gilirannya akan menciptakan timbal balik sesuai dengan harapan. Kinerja cemerlang adalah pilar utama dalam setiap usaha guna mencapai tujuan untuk melangkah maju. Bank bjb senantiasa hadir menjalankan peran sebagai mitra untuk bertumbuh dan berkembang bersama,” katanya.

Lewat kerja sama ini, Bank bjb berkesempatan mendapatkan potensi dana pihak ketiga (DPK) dari setoran retribusi pengujian kendaraan bermotor (KIR) non-tunai Kota Tangerang dan tiket elektronik Bus Rapid Transit (BRT) Trans-Tangerang. Selain itu, kerja sama ini juga bakal meningkatkan brand image sekaligus hubungan baik dengan Pemerintah Kota Tangerang selaku stakeholder Bank bjb dan juga dapat meningkatkan potensi pendapatan daerah.

Pimpinan Divisi Hubungan Kelembagaan Bank bjb Isa Anwari mengatakan, Bank bjb sebagai bank nasional tumbuh besar di Jawa Barat dan Banten memiliki salah satu misi sebagai penggerak laju perekonomian daerah. Bank bjb berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah khususnya pajak dan retribusi daerah.

“Selain itu, Bank bjb selalu berupaya melakukan peningkatan layanan dan meluncurkan berbagai inovasi layanan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak dan retribusi,” katanya.

Ia menjelaskan, kerja sama ini juga mendukung digitalisasi dan elektronifikasi terutama bagi pemerintah daerah. Bank bjb mengusung sebuah platform digitalisasi layanan yaitu bjb go smart city

Platform ini merupakan upaya Bank bjb dalam elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah baik dari sisi belanja daerah serta penerimaan daerah.

“Bank bjb akan mengoptimalkan kolaborasi dengan pemda dalam bentuk elektronifikasi melalui penggunaan QRIS. Penerapan ini dalam skema retribusi dapat digunakan pada beragam jenis retribusi yang dipungut pemerintah antara lain retribusi tempat pariwisata, parkir, uji KIR, dan lainnya,” katanya.

Ia berharap, melalui skema ini diharapkan dapat menekan angka kebocoran retribusi karena transaksi dilakukan secara non tunai. Pemda dapat melakukan monitoring jumlah retribusi yang diterima secara real time online.

“Masyarakat juga akan dimudahkan melalui pembayaran QRIS karena dapat dibayarkan menggunakan berbagai produk dari penyedia jasa sistem pembayaran yang terkoneksi dengan QRIS,” katanya. (skn/aas/ags)