Penganti Pejabat Sementara BNI KC Serang Agus Wibowo dan Penyelia Pemasaran BNI KC Serang Hesti Permatasari menunjukkan kartu debet BNI, Jumat (7/9).

SERANG – Sejumlah perbankan di Kota Serang mulai melayani penukaran kartu debet berlogo nasional Gerbang Pembayaran Nasional.

Pemerintah melalui Bank Indonesia secara resmi meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada Desember 2017. Kebijakan penggunaan GPN yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2018 itu, sejumlah perbankan mulai menyediakan kartu tersebut pada triwulan dua dan tiga.

Penganti Pejabat Sementara BNI Kantor Cabang Serang Agus Wibowo mengatakan, BNI secara nasional mulai meluncurkan kartu debet BNI pada April lalu dan menjadi bank pertama yang meluncurkan GPN. Untuk BNI Kantor Cabang Serang, mulai menyediakan kartu debet berlogo GPN pada Juni dengan 2.100 kartu untuk tahap awal. Hingga kini, ada sekira 3.000 kartu yang disediakan BNI untuk sepuluh jaringan yang ada.

“Hingga 7 September 2018 ada 1.983 jenis reguler hijau baik yang ditukarkan nasabah ataupun yang membuka rekening baru. Kalau untuk edisi khusus Asian Games sedikit. Dengan begini, BNI masih memiliki persediaan sekitar 1.000 kartu,” katanya.

Menurutnya, nasabah yang ingin menukarkan kartu tidak dikenakan biaya, tetapi bagi nasabah yang baru membuka rekening dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu. Dengan adanya GPN, BNI yang sebelumnya memiliki tiga jenis kartu, sekarang hanya menyediakan satu jenis kartu yang fiturnya setara dengan kartu platinum dan biayanya cukup terjangkau.

“BNI juga memiliki kartu debet edisi khusus Asian Games,” katanya. Pada 15 September 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten akan meluncurkan kartu GPN di Alun-alun Cilegon bersama 28 perbankan. Untuk itu, BNI juga semakin masif memberikan informasi kepada para nasabah, terutama yang memiliki payroll di BNI. “Nanti stan BNI ada gimmick khusus bagi nasabah yang menukarkan,” katanya.

Kepala Bank Panin KCU Serang Muhammad Rony Rochim mengatakan, Bank Panin KCU Serang menyediakan kartu debet GPN sejak Juni lalu dengan jumlah 500 unit dan lebih dari 450 unit telah ditukarkan nasabah. “Nasabah yang ingin menukarkan kartu bisa langsung datang ke kantor jaringan Bank Panin,” katanya.

Menurutnya, kartu GPN digunakan untuk mempermudah transaksi dalam negeri yang fiturnya sesuai standar Bank Indonesia. Kartu debet tersebut untuk mendukung program pemerintah dan Bank Panin ikut menyukseskan program tersebut. Nasabah yang datang wajib ditawarkan kartu GPN.

“Dengan kartu GPN ini, mesin EDC yang digunakan di merchant juga berlogo GPN dan biaya transaksinya menjadi murah,” katanya.

Dirut Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengatakan, Bank Banten juga menyediakan kartu berlogo GPN dan sudah diluncurkan bersamaan dengan penyaluran bantuan sosial Jamsosratu pada akhir Agustus lalu. “Nasabah yang ingin menukarkan silakan datang ke kantor Bank Banten terdekat dan Bank Banten juga akan memberikam informasi kepada nasabah tentang kartu GPN ini,” katanya. (skn/aas/ira)