Bank Indonesia Banten Distribusikan Uang Rupiah Pecahan Baru Rp2 Miliar

0
529 views
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten Budiharto Setyawan (tengah) menunjukkan uang rupiah desain baru.

SERANG – Uang rupiah desain baru diluncurkan di gedung Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta, oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martoiwardojo, Senin (19/12). Pimpinan dan staf Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten bersama pimpinan bank pembangunan daerah di Banten ikut menyaksikan peluncuran melalui video streaming di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten Budiharto Setyawan mengatakan, sebelas uang rupiah edisi 2016 terdiri dari 7 (tujuh) pecahan uang rupiah kertas dan dan empat pecahan logam. Uang rupiah kertas yaitu pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000. Sementara uang rupiah logam pecahan Rp1.000, Rp500, Rp200 dan Rp100.

“Desain baru pada uang tersebut selain menampilkan gambar pahlawan nasional, juga menampilkan pulau-pulau dan budaya yang ada di Indonesia,” kata Budi.

Untuk mengenalkan desain uang baru tersebut,  lanjut Budi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten sementara ini baru mendistribusikan Rp 2 miliar melalui seluruh bank di Banten.

“Dengan jumlah tersebut, diharapkan dapat menjadi tahap awal yang akan disiapkan untuk penukaran oleh warga dan diperkirakan belum mencukupi. Maka dari itu kami juga meminta kepada media untuk dapat menyosialisaikan peluncuran uang baru ini ke warga,” katanya. (Wirda)