Bank Indonesia Gandeng BMPD Serang Gelar Donor Darah

Bank Indonesia

SERANG – Menyambut HUT RI ke-71, Bank Indonesia menggelar kegiatan donor darah bekerja sama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Cabang Serang yang dilakukan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Kamis (11/8).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Budiharto Setyawan mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan inisiatif dari BMPD Serang, yang sebelumnya BMPD Cilegon juga sudah menyelenggarakannya. “BI sebenarnya sudah rutin menyelenggarakan donor darah, namun saat ini kita gandeng BMPD Serang untuk bersinergi dengan tujuan semoga tahun ini jumlah pendonor akan jauh lebih meningkat. Dan ini juga merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun RI ke-71,” katanya.

Untuk target pendonor tahun ini, BMPD menargetkan sebanyak 125 pendonor, namun BI menargetkan sesuai Korabi (kelompok donor darah Bank Indonesia) sebanyak 160 pendonor.

“Dari BMPD kan ada 19 perbankan, dan diharuskan setiap perbankan diwakili oleh lima orang untuk mendonorkan darahnya. Tapi nyatanya, masing-masing perbankan ada yang mengirimkan 10 sampai 23 orang,” ujarnya.

Alasan BI menggelar acara donor darah, lanjut Budi menjelaskan, karena donor darah mempunyai manfaat yang penting bagi masyarakat. “Kan orang kecelakaan atau operasi pasti memerlukan donor darah, maka dari itu kegiatan ini merupakan bhakti sosial dari perbankan untuk masyarakat. Nah nanti setiap pendonor sudah kita siapkan goodie bag cantik selain snack dan nasi kotak,” jelasnya.

Selain kegiatan donor darah, BI juga sebelumnya mengadakan pasar murah, anti mubazir dan penggalangan dana mandiri untuk para korban bencana alam di Anyer dan Carita.

Bank IndonesiaSementara itu, Didi Setiawan selaku Bendahara BMPD Cabang Serang mengatakan, moment ini merupakan event yang harus digelar demi menyinergikan BMPD yang terdapat di Banten yang meliputi BMPD Serang, BMPD Cilegon, dan BMPD Tangerang yang saat ini di bawah koordinasi Balai Riset Provinsi Banten.

Ia berharap dengan bhakti sosial seperti ini dapat menyumbang pembangunan untuk Provinsi Banten. “Walaupun bentuknya kecil tapi kita tetap mengarah ke sana,” katanya. (Wirda)