Bank Indonesia Sangkal Keluarkan Uang Pecahan Rp200 Ribu

SERANG – Berkembangnya isu kemunculan mata uang pecahan Rp200 ribu yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan khalayak ramai di dunia maya ditepis oleh pihak Bank Indonesia.

Berita miring peredaran uang kertas yang berwarna keunguan dan bergambar orang yang sedang menaiki kuda itu, dibantah Bank Indonesia secara mentah-mentah.

“Informasi yang paling akurat mengenai dikeluarkannya pecahan uang baru itu dari Bank Indonesia dan tidak ada dari institusi lain. Karena sesuai undang-undang mata uang, ciri-ciri uang NKRI hanya bergambar pahlawan nasional dan pahlawan nasional itu adalah yang sudah meninggal,” tegas Kepala Kantor Perwakilan Cabang Bank Indonesia Banten, Budiharto Setyawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/8).

Sementara itu, ia kembali menegaskan bahwa sampai saat ini Bank Indonesia belum mengeluarkan mata uang baru pecahan apapun.

“Jika Bank Indonesia mengeluarkan mata uang pecahan baru itu, tidak ada gambar selain gambar pahlawan nasional. Apalagi gambar seperti polo yang terdapat pada mata uang pecahan Rp200 ribu yang terlihat gambarnya seperti itu,” ujarnya.

pecahanhoaxMaka dari itu, Bank Indonesia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menerima apalagi tertipu dengan uang pecahan tersebut. Karena alat tukar menukar yang sah hanya di keluarkan dari Bank Indonesia. (Wirda)