Bank Serang Prioritaskan Penyaluran Kredit Pelaku Usaha Mikro

Bank Serang
Customer service Bank Serang sedang melayani nasabah, Kamis (3/3/2016). (Foto: Susi K)

SERANG – Pada 2016 ini, Bank Serang memprioritaskan penyaluran kredit pada sektor produktif. Untuk itu, Bank Serang akan meningkatkan pelayanan kredit pada pelaku usaha mikro. Demikian diungkapkan Direktur Operasional Bank Serang Ukat, Kamis (3/3/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Ia menjelaskan, pada 2016 ini, target penyaluran kredit naik sekitar 25 persen dari Rp170 miliar menjadi Rp215 miliar. “Kenaikan sekitar Rp19 miliar. Hingga Februari ada sekira Rp189 miliar yang tersalurkan,” katanya.

Bank Serang memiliki empat jenis kredit yang bisa dimanfaatkan nasabah, yakni tiga kredit produktif antara kredit tanpa agunan, kredit mikro Banten, dan multiusaha. Untuk kredit konsumtif, yakni multiguna.

Kredit tanpa agunan besaran kredit yang disalurkan hingga Rp5 juta. Ini diberikan secara bertahap. Untuk mikro Banten, jumlah kredit yang disalurkan mulai Rp5-Rp50 juta. Kredit ini diperuntukkan pengusaha dengan persyaratan perbankan. Sementara, kredit multiusaha dengan prospektif usaha yang lebih pendek, tapi membutuhkan kucuran dana besar mulai Rp50-Rp200 juta. “Untuk kredit produktif, kenaikan target mencapai 15 persen,” katanya.

Kata Ukat, khusus kredit tanpa agunan akan lebih memprioritaskan beberapa pasar di Kota Serang dan Kabupaten Serang. “Khusus tanpa agunan biasanya untuk pelaku retil yang memiliki penghasilan setiap hari. Pembayarannya juga dilakukan setiap hari untuk mempermudah pengaturan keuangan,” katanya.

Kredit konsumtif mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kredit konsumtif biasanya diberikan untuk nasabah yang memiliki pekerjaan tetap. Selain itu, kredit ini juga untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Ia berharap, penyaluran kredit ini bisa mencapai target dan semakin banyak pelaku usaha kecil yang memanfaatkan kredit ini. (RB/skn/dwi)