Banten Andalkan Empat Atlet Gantole PJP

SERANG – Empat atlet gantole asuhan Pelatda Jangka Panjang (PJP) KONI Banten menjadi andalan Banten pada Pra PON 2019. Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Banten meyakini tiket PON Papua 2020 bakal direbut empat atlet terbaiknya itu.

Empat atlet gantole Banten itu yakni Tb Husni Mubarok, Aji Enoh, Ening Kurnia, dan Agung Permana. Keempatnya sudah rutin berlatih sejak 2017 lalu untuk menyambut Pra PON 2019. Tak heran, persiapan atlet jelang Pra PON pada Oktober atau September 2019 telah matang.

“Pelaksanaan Pra PON 2019 di Papua, tepatnya di Sentani. Persiapan kami telah berjalan dari 2017, saat ini sudah memasuki pelatda Pra PON tahap tiga. Kami sudah siap 100 persen untuk merebut tiket PON Papua,” kata atlet sekaligus pelatih PJP gantole Banten Aji Enoh dihubungi Radar Banten, Kamis (7/3).

Empat atlet dibagi dalam dua kelas pertandingan. Pertandingan A diikuti Tb Husni dan Aji Enoh. Sementara, kelas B diikuti Ening Kurnia dan Agung Permana.

Selain empat atlet PJP, diperkirakan akan ada tambahan atlet di luar PJP yang berangkat ke Pra PON 2019. “Berdasarkan infromasi yang kami dengar dari PB (FASI-red) ada delapan atlet yang bertanding di cabor gantole. Dua orang untuk cadangan. Jadi kami masih kurang empat atlet lagi,” beber Aji.

Seluruh atlet gantole diyakini bakal menembus tiga besar Pra PON 2019. Prestasi gantole Banten pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gantole dan Kasau Cup Gantole Maret 2019 sebagai tolok ukurnya. Empat medali direbut atlet gantole Banten pada kejuaraan tersebut. Satu medali emas disumbangkan dari nomor beregu kelas A, satu perak dari nomor perorangan kelas B, satu perunggu di nomor beregu kelas B dan satu medali perak nomor perorangan dari kelas A. “Harus optimis untuk lolos semuanya di Pra PON, target utamanya kan ada di PON Papua 2020. Kita punya tujuan merebut medali emas, untuk mengharumkan nama Banten di kancah nasional,” kata Aji. (Riko/RBG)