Banten Championship I, Ratusan Pesilat Tarung di Banten

0
474 views

SERANG – Sebanyak 740 pesilat lintas daerah memperbutkan gelar juara pada kejuaraan open tournamen Banten Championship I, Minggu (15/12) di Gedung Gelanggang Remaja (GGR), Ciceri, Kota Serang.

Kejuaraan tersebut diperuntukan bagi ketageri usia (KU) pra usia dini, SD, SMP, SMA, dan mahasiswa atau dewasa. Delapan provinsi yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Jogja, Jatim, dan Papua ikut ambil bagian pada kejuaraan ini.

Ketua Panitia Banten Championship I, Romi Ardiansyah mengatakan, sasaran kejuaraan tersebut lebih kepada pesilat pemula. Sesuai tujuan, yaitu untuk memberi pengalaman pesilat pemula bertanding di gelanggang.  “Ini kejuaraan pertama yang kami gelar. Dari kejuaraan ini kami ingin menggalang para pesilat pemula dari seluruh Indonesia untuk memberikan kesempatan mencoba bertanding digelanggang. Karena bagi pemula, belum tentu semuanya berani,” kata Romi.

Melihat jumlah peserta, Romi menyambut bangga kejuaraan disambut antusias. Khusunya bagi pesilat Banten yang hampir mengisi 50 persen kuota peserta saat ini. “Peserta dari delapan provinsi di Indonesia. Membawa nama perguruan, sekolah, pondok pesantrennya masing-masing. Dari jumlah peserta ini, hampir separuhnya dari Banten,” jelas Romi.

Di tempat yang sama, Ketua Umum (Ketum) KONI Banten, Rumiah Kartoredjo berharap kejuaraan berlangsung dengan sportif dan menjaga persaudaraan. Khususnya bagi pesilat pemula, kejuaraan tersebut dijadikan ajang menambah jam terbang dan mematangkan mental bertanding.

“Saya ucapkan selamat bertanding. Jadikan kejuaraan ini untuk menambah pengalaman berharga, guna menambah jam terbang, agar kedepan lebih baik. Sebagai bekal untuk menyambut event yang lebih bergengsi,” kata Rumiah. (rbs/nda/ags)