Banten ditimpa Musibah Secara Beruntun, Plt Gubernur Akan Surati Kemensos

0
515 views
Anggota Polsek Patia mengevakuasi anak-anak yang merupakan korban banjir, kemarin.

SERANG – Sejak sepekan terakhir, Provinsi Banten ditimpah musibah bencanan alam secara beruntun. Mulai dari banjir di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, kemudian di Kecamatan Padarincang, disambung dengan di Kota Cilegon, selanjutnya longsor di Cilograng, Kabupaten Lebak, dan terakhir, bencana longsor di lokasi tambang mas blok Cikopo, Kabupaten Lebak.

Terkait persoalan tersebut, Plt Gubernur Banten, Nata Irawan mengatakan, dalam waktu dekat, Pemprov Banten akan menyurati Kementrian Sosial agar Pemprov Banten mendapatkan perhatian pemerintah pusat.

Nata Irawan menegaskan, meskipun saat ini Provinsi Banten tengah dilanda bencana secara beruntun, namun Banten bukan masuk kategori daerah yang sedang darurat bencana.

“Tim kita sudah turun BPBD Provinsi Banten, serta Dinas sosial sudah menyampaikan bantuan. Sementara ini kami salurkan bantuan yang menjadi keperluan pokok dahulu, baru nanti setelah di identifikasi apa kebutuhannya baru kita bisa mengambil langkah selanjutnya,” ujarnya, Kamis (8/12).

Nata menjelaskan, dugaan sementara, bencana yang menimpa Banen secara beruntun tersebut akibat cuaca ekstrim yang menerpa Banten selama sepekan terakhir kemarin. Hujan deras dengan intesitas waktu yang cukup lama mengguyur sejumlah daerah hampir setiap hari, sehingga mengakibatkan air sungai meluap dan tanah perbukitan longsor. (Wirda)