Banten Harus Punya Sirkuit Balap Terpadu

Pembukaan Xtrim Enduro Race 2 Banten di sirkuit Citraland Puri Serang, Ciracas,  Kota Serang, Minggu (14/5).

SERANG – Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Ito Hediarto menilai Banten perlu memiliki sirkuit balap motor atau motocross terpadu dengan sirkuit olahraga ekstrim lain yang paten.  Itu perlu agar proses pembinaan atlet sepeda motor bisa berlangsung dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Ito saat membuka Xtrim Enduro Race 2 Banten di sirkuit Citraland Puri Serang, Ciracas,  Kota Serang, Minggu (14/5). “Motor sekarang sudah menjadi olahraga yang massif, diikuti oleh generasi muda,  di setiapwilayah Indonesia hampir sama, hanya viewnya saja berbeda,” ujar Ito.

Dengan adanya track khusus,  bibit Banten bisa kelihatan,  proses pembinaan pun akan lebih fokus,  dan generasi muda yang mempunyai minat dan bakat terhadap olahraga tersebut akan merasa terfasilitasi.

Ito mengaku akan membicarakan hal tersebut dengan Pemprov Banten.  Ito sendiri belum mengetahui luas lahan yang diperlukan untuk pengadaan sirkuit tersebut. “Kita akan berkonsultasi dengan Kemenpora standarnya seperti apa. Apa saja yang perlu ada dan tidak, nanti kita sampaikan ke pemerintah provinsi,” ujarnya.

Masih dikatakan Ito,  sirkuit tersebut selain bisa digunakan untuk ajang enduro seperti yang sedang berjalan hari ini,  juga bisa bisa digunakan untuk olahrga ekstrem lain seperti sepeda bmx,  dan olahraga lainnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Kepala Bidang Organisasi Keolahragaan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Agus Lesmana.

Menurut Agus,  jika ada lintasan khusus dan permanen,  penyelenggara maupun pecinta olahraga motor tidak binggung untuk latihan dan menggelar event. “Ya, kalau ada fasilitasnya kan enak. Kita dari Kemenpora mendukung,” ujarnya.

Menurut Agus tidak perlu sesuai standar  internasional.  Sekadar mendekati pun cukup dengan dimodifikasi rintangan-rintangan yang menanantang.  “Seperti track hari ini saya rasa sudah cukup,” katanya.  (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)