Banten Ikut 12 Cabang Olahraga pada Pomnas di Sulsel

Yayan S Ryan

SERANG – Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Banten resmi menetapkan 12 cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV Sulawesi Selatan (Sulsel), Oktober 2017.

Ke-12 cabor yang akan diikuti Banten yakni futsal, bola basket, bola voli, sepak takraw, renang, catur, bulu tangkis, pencak silat, karate, tarung derajat, pentaque, dan tenis lapangan.

Ketua Harian Bapomi Banten Yayan S Ryan mengatakan, penetapan ke-12 cabor sudah melalui berbagai pertimbangan, di antaranya peluang atau kans meraih medali. “Kita tentunya tidak ingin asal kirim. Kita ingin atlet yang diterjunkan nanti benar-benar memiliki pelaung untuk membawa pulang medali. Nah, 12 cabor ini kami nilai atletnya sangat potensial dan berpeluang meraih medali,” kata Ryan usai mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Banten di Hotel Le Dian, Kota Serang, Sabtu (1/4) siang.

Ryan menambahkan, setelah menetapkan cabor yang akan diikuti, Bapomi akan menggelar ajang seleksi untuk menjaring atlet terbaik di masing-maisng cabor. “Seleksi kita gelar pada Juli 2017 dan setelah itu langsung dilakukan pemusatan pelatihan daerah (pelatda). Kita hanya memiliki anggaran dua bulan untuk pelatda mulai dari Agustus 2017 hingga jelang keberangkatan menuju Makassar pada Oktober 2017. Meski hanya dua bulan, saya kira waktu tersebut cukup untuk mematangkan kesiapan atlet,” imbuhnya.

Ketua Umum Bapomi Banten Suherna menyatakan, seleksi ketat dipastikan akan dilakukan masing-masing cabor lantaran kontingen Banten menargetkan kembali ke jajaran ranking 10 besar klasemen akhir. “Pada Pomnas XIII di Jogjakarta 2013, Banten finis di peringkat tujuh dengan meraih 13 keping medali, yakni lima emas, tiga perak, dan lima perunggu. Sedangkan pada Pomnas XIV di Aceh 2015, prestasi Banten merosot drastis. Bisa dibilang terjun bebas dari sebelumnya peringkat tujuh ke peringkat 21. Di Aceh, Banten tanpa medali emas dan hanya mampu membawa pulang 15 keping medali, yakni tiga perak dan 12 perunggu. Capaian negatif di Pomnas Aceh tidak boleh terulang lagi di Makassar nanti,” ucapnya.

Untuk kembali merangsek ke posisi 10 besar, empat cabor telah dipetakan mendai cabor unggulan di Makassar nanti. “Renang, catur, bulu tangkis, dan bola basket kita targetkan medali emas. Kami harapkan ada kejutan dari cabor lain,” tandas Purek 3 Untirta itu. (Andre AP/Radar Banten)