Banten Jadi Tuan Rumah Kejurnas Softball Junior

0
946 views
Atlet putri softball Banten menjalani latihan rutin di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.

PEMBANGUNAN lapangan softball Sport Center Kelapa Dua menarik minat Pengurus Besar Persatuan Baseball Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) untuk menggelar event kejurnas di eks venue Porprov V Banten tersebut. Organisasi pimpinan Andika M Y Monoarfa secara resmi menunjuk Pengprov Perbasasi Banten untuk menggelar event Kejurnas Softball Junior 2019.

Penunjukan tersebut dituangkan dalam surat keputusan nomor 086/SK/PB.PERBASASI/KEJURNAS/SG-19/III/2019 yang ditandatangani langsung oleh ketua umum. Kejurnas yang diselenggarakan untuk atlet U-18 tahun tersebut digelar pada 27 Agustus sampai dengan 1 September 2019.

“Kami melihat Banten sudah memiliki prasarana yang memadai untuk menggelar kejurnas, kita coba dulu untuk bisa menggelar kejurnas junior. Ke depan tidak menutup kemungkinan menggelar kejurnas senior di sini, keberadaan lapangan di sini jadi tambahan sarana pembinaan yang bisa kita pakai, selain sarana yang sudah ada sebelumnya,” ucap Andy Lumowa, Kabid Humas PB Perbasasi, Selasa (26/3).

Setelah ditunjuk sebagai tuan rumah, Pengprov Banten mulai melakukan pemetaan fasilitas yang dimiliki. Dari sekian banyak kebutuhan untuk kejurnas, paling utama untuk dimiliki adalah soal pagar lingkungan lapangan softball dan lampu.

“Pagar lingkungan dan lampu yang paling utama kita pikirkan, karena dengan peserta kategori putra dan putri pertandingan pastinya sampai malam. Kita butuh lampu agar bisa memaksimalkan pertandingan,” ucap Zaenal Muttaqien, Ketua Pengprov Perbasasi Banten.

Pria yang akrab disapa Boyke, itu mengungkapkan, untuk mengatasi kebutuhan tersebut, pihaknya akan membentuk dua tim untuk pelaksanaan kejurnas kali ini. Tim pertama adalah yang terkait panitia pelaksanaan kejurnas. Sementara, tim kedua adalah pembentukan tim softball putra dan putri Banten.

Sementara itu, Deputi Bidang Softball Pengprov Perbasasi Banten Andri Maulana membeberkan pembentukan tim softball Banten bakal dilaksanakan pada Juli selepas Pra PON cabor softball pada Juni nanti. Meski waktunya mepet dengan pelaksanaan kejurnas, Andri mengaku sudah memiliki data pemain yang akan membela tim Banten.

“Karena sebagian besar atlet U-18 ada di tim Pra PON Banten, kita juga akan seleksi pada kejurda yang rencananya kita gelar akhir Juli. Kita memang berkejaran dengan waktu, tapi semua sudah sesuai jadwal yang kita rancang,” ungkap Andri. (apw/nda/ira)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.