Banten Juara Umum MTQ Nasional XXVI, Kirab Kafilah Disambut Jempol Warga

SERANG – Sebanyak 70 kafilah Banten yang menjuarai MTQ Nasional ke-26 di Nusa Tenggara Barat (NTB) diarak keliling Kota Serang, Selasa (9/8/2016). Para kafilah dan peserta kirab lainnya berjalan mulai dari Stadion Maulana Yusuf hingga Museum Negeri Banten atau bekas Pendopo Gubernur di sekitaran Alun-alun Kota Serang seraya membawa piala kemenangan.

Kirab dipimpin langsung oleh Gubernur Banten Rano Karno, bersama Sekda Banten Ranta Soeharta yang juga Ketua LPTQ Banten, Ketua Harian LPTQ Banten Syibli Syarjaya, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah. Turut serta para asisten daerah dan kepala SKPD Pemprov Banten, kepala Kemenag di Banten, serta pimpinan instansi  lainnya.

Puluhan kafilah ini mendapatkan sambutan meriah dari seluruh warga Kota Serang. Dari pinggir jalan, warga melambaikan tangan dan mengacungkan jempol kepada iring-iringan peserta pawai.

“Di Riau dan Batam kita hanya menjadi juara dua karena nanti MTQ selanjutnya di Sumatera Utara, tugas kita lebih berat untuk mempertahankan,” beber Gubernur Banten Rano Karno usai pawai kemenangan, di Museum Negeri Banten, Kota Serang.

Guna mempertahankan juara umum MTQ Nasional ke-27 yang akan berlangsung di Sumut, Rano Karno berharap agar proses penjaringan dan pendidikan para kafilah Banten lebih diperketat lagi. “Bukan hanya seleksi yang diperketat, tapi potensi anak-anak kita yang harus ditingkatkan,” ucapnya.

Rano Karno menyebutkan bahwa nilai-nilai keislaman merupakan salah satu ujung tombak pembangunan di Provinsi Banten. “MTQ salah satu ujung tombak pembangunan ukhuwah Islamiyah,” kata dia. (Oc/RBOnline)