Atlet layar Banten Gregory Roger Wardodjo berlatih rutin di Pantai Ancol, beberapa waktu lalu.

SERANG – Pengprov Porlasi Banten optimistis meraih prestasi lebih baik lagi di PON XX Papua 2020 semakin tinggi, setelah bergabungnya dua atlet bersaudara yang kualitasnya sudah berkelas internasional. Keduanya adalah Kirana Wardodjo di nomor laser radial putri dan Gregory Roger Wardodjo (nomor Laser 4.7 Putra).

Dua nama terakhir merupakan andalan baru tim layar Banten ke depan. Sebelumnya, atlet layar bersaudara itu merupakan tim inti layar Jawa Barat. Bahkan Wardodjo bersaudara sukses mempersembahkan medali bagi tim layar Jawa Barat di PON XIX Jawa Barat 2016 lalu. Kini, mereka telah resmi berkostum layar Banten setelah keduanya menentukan pilihan untuk hijrah ke Tanah Jawara.

Ketua Umum Pengprov Porlasi Banten Asep Yusuf Syahrir mengatakan, kekuatan tim layar Banten pada PON XX Papua 2020 sangat solid. Pada PON XIX, Farah Diba yang tampil bersama Rizky Maulida berhasil meraih medali perunggu, sementara Rafa dan Dini menempati posisi keempat.

“Sedangkan Kirana dan Roger meraih medali perunggu, tapi di PON lalu keduanya masih memperkuat Jawa Barat. Dari kelima atlet ini, kami menargetkan bisa menyumbang minimal tiga keping medali emas masing-masing dari Dini, Kirana, dan Roger,” imbuhnya.

Asep menambahkan, untuk Farah (nomor internasional 4.20 putri) tetap memiliki kans meraih medali. Selain itu, tim pelatih juga berupaya melatih Farah di nomor yang hampir sama, yakni di nomor laser 4,7 putri.

Sementara itu, Pelatih Layar Banten Joko Sulistyo menyatakan, kekuatan layar Banten saat ini menjadi salah satu yang terkuat di Indonesia pasca bergabungnya Kirana dan Roger. “Kualitas atlet layar Banten merata dan semuanya dapat diandalkan,” imbuhnya.

Terpisah, Kirana Wardodjo mengaku, memilih berlabuh ke tim layar Banten lantaran melihat kualitas pembinaan dan perhatian terhadap atlet berprestasi sangat diutamakan. “Saya rasa daerah lain belum banyak yang bisa seperti Banten. Selain itu, orangtua kami juga berdomisili di Banten dan sudah seharusnya kami memperjuangkan dan mengharumkan Banten,” tuturnya. (dre/ful/ira/RBG)