MATARAM – Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVIII tahun 2016, yang digelar 22-26 November di Kota Mataram Provinsi NTB, dibuka Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjoyo. Awalnya panitia mengagendakan yang membuka TTG adalah Presiden RI Joko Widodo.

Kegiatan yang dipusatkan di Islamic Center (IC) ini, merupakan salah satu upaya strategis dalam menyebarluaskan informasi dan pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebanyak 3 ribu lebih peserta dari 33 provinsi akan memamerkan temuan-temuan unggulan masing-masing daerah termasuk Provinsi Banten. Hanya Provinsi DIY yang tidak ambil bagian dalam TTG Nasional tahun ini.

Jumlah stand pameran TTG mencapai 208 stand dan ada juga sekitar 60 stand untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai inovasi terbaik bisa dilihat dari hasil karya putra bangsa. Jenisnya beraneka ragam dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Kepala BPPMD Banten Sigit Suwitarto,‎ selain pameran, TTG Nasional tahun 2016 ini juga melombakan dua kategori yaitu stand terbaik dan TTG Unggulan terbaik. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT mengangkat Tema Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Untuk Kesejahteraan dan Kedaulatan Desa. Penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba inovasi TTG dan lomba posyantek berprestasi tingkat nasional tahun 2016 oleh Mendes PDTT.

Kontingen Provinsi Banten sendiri diwakili oleh perwakilan dari ‎Kabupaten Serang. Kabupaten serang menampilakan:

Mesin Sterilisasi Uang (SMKN Cikande)

Mesin Pasta Mie (posyantek Tunjung teja)

Mesin Gasifikasi Biomas (Posyanten Kec. Cikeusal)

Kota Cilegon menampilkan:

Mesin Produksi Abon

Alat Pemotong Tulang

Oven Roti berbahan bakar Gas

Kota Tangerang Selatan menampilkan:

Smart Card dan Smart Home Integrated System (posyantek Serpong Utara).

‎Dispenser Tenaga Surya (SMA 7 Tangsel)

PLC Mini (SMK Pustek Tangsel)

Mesin Pemotong Kabel (UNPAM)

PLC Startek.

Kota Tangerang menampilkan:

MD Plast. (Mesin Pengolah Limbah Plastik menjadi BBM)

Alat Pengiris Tempe

Alat Pengupas Kulit Kedelai.

Kompor Kayu Bakar.

Kabupaten Tangerang menampilkan:

Tabung Komposter Tepat Guna

Kota Serang menampilkan:

Mesin Roll Briket Arang Batok Kelapa.

Alat Pengupas Nanas.

Kabupaten Pandeglang menampilkan:

Produk UMKM (pakaian dan makanan khas daerah)

Kabupaten Lebak menampilkan:

Produk UMKM (Makanan dan pakaian khas daerahBbaduy)

Turut hadir‎ Kab. Pandeglang. (Bupati kab Pandeglang, Asda, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tim Penggerak PKK). Kab. Serang. (wakil bupati kab. Serang, Sekda Kab. Serang, Kepala BKBPMP kab. Serang, Kadis Pendidikan Kab. Serang, kadis Pariwisata). Kota Tangerang Selatan. (Wakil Wali kota, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat). Kota Cilegon. (Ketua Tim penggerak PKK Kota Cilegon, Tim Badan Pemberdayaan, camat Jombang). Serta Kepala Badan Pemberdayaan Kota Kabupaten lainnya.‎ (ADVERTORIAL/BPPMD PROVINSI BANTEN)