Banten Terjunkan Tiga Atlet di Kejurnas Biliar Junior 2015

Pebiliar junior Banten Rijal Fitri berlatih rutin di Fortuna Biliar, Kota Serang jelang tampil di Kejurnas Biliar Junior 2015 di Senayan pada 20 Desember.

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Banten dipastikan akan ambil bagian pada Kejurnas Biliar Junior 2015. Pada single event yang akan dilangsungkan di Senayan, DKI Jakarta, 20 Desember nanti, Pengprov POBSI akan menerjunkan tiga pebiliar.

Ketiga pebiliar tersebut, yakni Rijal Fitri (Kota Cilegon), Jessen Putra (Kota Tangerang), dan Gheliana Feronica (Kota Cilegon). Ketiganya akan turun di nomor 9 ball dan 10 ball.

Ketua Pengprov POBSI Banten Jhon Hendrik mengatakan, dilihat dari potensi dan kualitas pebiliar junior Banten saat ini mulai menjanjikan. Kans untuk meraih medali di kejurnas nanti terbuka lebar. “Terutama pada kategori putra. Kualitas atlet junior se-Indonesia beda-beda tipis lah. Kategori putri juga memiliki peluang untuk meraih medali,” kata Jhon disela memantau latihan atlet biliar Banten di Fortuna Biliar, Rau Trade Center (RTC), Kota Serang, Kamis (10/12/2015).

Jhon menambahkan, harapan terbesar tertumpu kepada Rijal Fitri. Itu tak lepas dari pengalaman Rijal yang pernah tampil di Kejurnas Biliar 2014. “Secara kualitas sama, tapi pengalaman dan jam terbang cukup mempengaruhi. Pengalaman dan jam terbang yang tinggi akan berimbas kepada mental bertanding. Kami berharap Jessen dan Gheliana bisa tampil lepas tanpa beban,” imbuhnya.

Disinggung tentang target, ia mengaku POBSI Banten tidak mengusung target muluk-muluk. “Kami tidak membebani atlet, biarkan saja mereka tampil dengan permainan terbaiknya masing-masing. Mereka juga sudah pasti ingin meraih prestasi terbaik. Apa lagi ini kan ajang junior, ajang pencarian potensi belum menuju prestasi,” tutur Jhon.

Diakuinya, potensi pebiliar junior Banten mulai bermunculan. Itu tak lepas dari konsistensi pembinaan yang dilakukan pengcab. “Geliat pembinaan pebiliar junior lumayan bagus. Kami akan terus berupaya meregenerasi atlet dengan melahirkan banyak atlet junior,” tegasnya.

Sementara itu, Pelatih Biliar Junior Banten Arikaraya menyatakan, pihaknya optimistis Banten mampu mencuri medali di kejurnas nanti. “Semua berpeluang, tergantung mental bertandingnya saja nanti. Kalau mereka bisa mengatasi tekanan di arena, pasti bisa menang. Saya hanya meminta anak-anak tampil fokus dan menghiraukan situasi sekitar arena. Anggap saja seperti latihan biasa. Saya yakin ada medali yang bisa dibawa pulang,” ucapnya. (RB/dre/air/ags)