Bantuan Pemkab Serang Terus Disalurkan

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas penyaluran 126 ton beras ke seluruh desa di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Selasa (12/5).

Untuk Warga Terdampak Covid-19

SERANG – Pemkab Serang terus menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak virus corona atau Covid-19. Bantuan berupa sembako dan disalurkan ke seluruh desa di Kabupaten Serang.

Kemarin (12/5), Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas truk bantuan sembako dari Pemkab yang mengangkut 126 ton beras untuk disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 di Gudang Stok Beras Cadangan Pangan Kabupaten Serang di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu. Beras akan dikirim ke-326 desa, dengan asumsi setiap warga mendapatkan sepuluh kilogram beras.

Tatu mengatakan, beras yang disalurkan untuk warga terdampa Covid-19 merupakan stok pangan Kabupaten Serang. Disebutkan Tatu, penerima bantuan sembako dari Pemkab sebanyak 12.600 keluarga. “Kita salurkan, yang penting merata dulu di masyarakat,” katanya.

Ratusan ton beras tersebut, kata Tatu, dikirim ke setiap desa. Selanjutnya, setiap desa menyalurkannya sesuai data yang diperoleh dari Dinas Sosial (Dinsos). “Nanti ada data dari Dinsos yang digunakan oleh desa,” terangnya.

Pihaknya juga berencana kembali menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat, dengan kemasan setiap keluarga mendapatkan 20 kilogram beras. “Masyarakat yang dikover Pemkab Serang sementara ada 43 ribu keluarga, data ini kemungkinan terus bertambah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang, Suhardjo mengatakan, stok pangan disalurkan karena Pandemi Covid-19 sudah termasuk bencana nasional. Bupati Serang juga sudah menyatakan bahwa wabah Covid-19 menjadi bencana daerah. “Maka kewajiban kita untuk mengeluarkan stok pangan kita,” jelasnya.

Setelah beras disalurkan, pihaknya juga akan kembali mengisi stok pangan. Ia berencana melakukan pengadaan 858 ton gabah kering giling (GKG). “Kita pengadaannya menyerap petani asal Kabupaten Serang,” pungkasnya. (jek/zai)