Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bersama Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya.

LEBAK – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani mengkritik sikap Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya. Ketidaksukaan Puan terhadap sikap Iti diungkapkan saat menyampaikan sambutan peresmian 10 jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Rabu (17/2/2016).

“Selama perjalanan ke sini (Terminal Aweh), Bupati ngeluh saja. 10 menit di perjalanan, Bupati curhat saja. Yang 10 (jembatan) saja belum diresmikan, sudah minta lagi. Kurangnya banyak banget lagi, 378 jembatan,” kata Puan di depan Gubernur Banten Rano Karno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, puluhan pejabat baik Pemprov Banten dan maupun Pemkab Lebak, serta ratusan masyarakat Lebak. Persemian jembatan gantung ini bertempat di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Puan merasa tidak nyaman dengan sikap Iti tersebut. Putri Megawati Soekarnoputri ini mengungkapkan, seharusnya Iti bersikap baik terhadap dirinya sebagai tamu. “Tamu bukannya disuguhi malah diminta-minta. Saya stop saja. Sudah Bu, sekarang mendung kita ngomongin makanan khas saja yang enak. Ada apa saja di sini,” kata Puan.

Persoalan pembangunan, menurut Puan, tidak bisa hanya dibebankan kepada Pemerintah pusat, juga menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Seluruh unsur pemerintahan harus sama-sama bersinergi untuk melakukan pembangunan. (Bayu)