Banyak Gedung Pemerintah yang Belum Penuhi Standar Pencegahan Kebakaran

Kepala UPT Damkar Kota Serang, Agus Uba M
Kepala UPT Damkar Kota Serang, Agus Uba M

SERANG – Banyak Gedung Pemerintahan yang ternyata belum memenuhi standar pencegahan kebakaran. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Serang akan layangkan surat imbauan kepada masing-masing Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kami akan membuat surat imbauan untuk gedung-gedung pemerintahan, swasta dan masyarakat. Agar gedung-gedung atau bangunan memenuhi standar pencegahan kebakaran,” ungkap Kepala UPT Damkar Kota Serang, Agus Uba M, Senin (4/1/2016).

Uba mengatakan, di perkantoran yang ada di Kota Serang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada jauh dari standarisasi keamanan yang semestinya disesuaikan dengan ketentuan Instruksi Menteri Tenaga Kerja No. Ins.11/M/BW/1997 tentang Pengawasan Khusus K3 Penanggulangan Kebakaran yakni jarak APAR minimal setiap 15 meter.

“APAR memang ada di gedung-gedung pemerintahan, namun belum sesuai dengan standar. Hal ini juga terjadi pada gedung-gedung ritel. Memang ada beberapa pengelola ritel yang sudah melakukan koordinasi dengan Damkar, tapi sebagian besar belum,” kata Uba.

Uba juga menjelaskan, bahwa di Kota Serang terdapat Perda Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Pemeriksaan Alat Kebakaran, yang sampai saat ini belum berjalan maksimal. (Fauzan Dardiri)