Banyak Pekerja Informal Belum Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

SERANG – Masih banyak pekerja informal seperti petani, nelayan, dan pengojek belum terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Oleh karena itu, BPJS Ketanagakerjaan akan mendorong mereka untuk menjadi anggota.

Dirut BPJS Ketanagakerjaan Agus Susanto mengatakan, saat ini total angkatan kerja secara nasional ada 127 juta orang. Data tersebut termasuk TNI, Polri, dan ASN. Dari data tersebut, ada 47 juta pekerja yang aktif iuran. “Dari jumlah tersebut untuk kepesertaan didominasi oleh tenaga kerja formal atau kantoran 98 persen. Sementara untuk informal masih kecil lantaran BPJS-TK baru memberikan perlindungan pada tahun 2014 lalu,” ujarnya seusai meresmikan kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Jalan Kolonel Tb Suwandi, Lingkar Selatan, Lontarbaru, Kota Serang, Kamis (5/4).

Untuk menangani masalah tersebut, ia mengajak komunitas menjadi agen penggerak jaminan sosial. Agen bertugas merekrut dan mendaftarkan tenaga kerja informal. Kendati demikian, jaminan sosial setidaknya dapat memberikan keuntungan lebih dan tidak merepotkan pemerintah setelah berhenti dari pekerjaan. “Jadi, itu yang terus kami upayakan,” katanya.

Ia mengungkapkan, selain mengupayakan kepesertaan, pihaknya berupaya memberikan pelayanan dengan menambah infrastruktur salah satunya kantor operasional dan turut serta membangun sinergisi dengan pemda. “Kantor ini akan menjadi pusat kegiatan administrasi, sosialisasi hingga pendaftar termasuk di dalamnya pengawasan,” ungkapnya.

Kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Muhalif mengatakan, kantor cabang dibangun dengan tujuan memberikan pelayanan lebih optimal. “Dengan kantor baru konsistensi pemantapan layanan dan peningkatan kualitas lebih baik secara berkesinambungan adalah komitmen kami,” katanya.

Sementara itu, Walikota Serang Tb Haerul Jaman dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan BPJS merupakan salah satu faktor yang mendorong meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) di Kota Serang.

Acara kemarin turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banten Teguh Purwanto, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Kapolresta Serang AKBP Komarudin, Kepala Kemenag Bazari Syam, dan undangan lainnya. (Fauzan D/RBG)