Banyak Pemuda Kabupaten Serang Ogah Geluti Pertanian

0
126

SERANG – Peran pemuda di sektor pertanian tergolong minim, banyak diantaranya ogah turun langsung di bidang agraria ini. Padahal, Kabupaten Serang, peluang menumbuhkan pertanian sangatlah besar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Serang Dadang Hermawan. Kata dia, peran pemuda secara faktual masih sangat jarang untuk terjun langsung di bidang pertanian.

Dikatakannya, tahap awal, pihaknya mengembangkan produktifitas jagung, kemudian pemuda diarahkan untuk menangani lahan tidur. Karena di Kabupaten Serang, terdapat delapan perusahaan yang membutuhkan jagung dengan jumlah permintaan sebanyak 9.34.000 ton per tahun.

“Organisasi pemuda ada tiga, kelompok taruna tani, patriot taruna tani dan gempita, kami libatkan dalam membangun pertanian di Kabupaten Serang,” katanya saat ditemui di kantornya, Kota Serang, Senin (9/10).

Taruna tani, kata dia, terbentuk dibeberapa kecamatan seperti Jawilan, Petir, Kopo, Kragilan dan sentra jagung yang berpotensi membentuk lahan tidur menjadi lahan produktif.

“Agustus 2.500 hektare lahan jagung. Persiapan lagi memasuki musim tanam Oktober, Maret. Bahkan dari pusat programnya 10.000 hektare, cuman lahannya dari mana supaya menginventarisir di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Lebih konkrit, tambah dia, pemerintah menggarap lahan jagung 300 danb500 hektare, yang sudah panen dan sedang berjalan. Tentu dengan melibatkan serta mendiakusikan pada pemuda tani bagaimana cara memanfaatkan lahan tidur di Kabupaten Serang.

“Mudah-mudahan adanya aktifitas dari pemuda ini bisa memberikan kontribusi dan memanfaatkan lahan tidur. Para pemuda juga aktif di bidang pertanian,” harapnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).