Banyak Perubahan di RT 04 Pancur

0
334 views

TAKTAKAN – Tim 1 Juri Lomba Resik Lan Aman(LRLA)Kota Serang 2020 menemukan banyak perubahan di RT 04 RW 04, Lingkungan Pancur, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan. Di penilaian tahap dua, kemarin (2/9), penghijauan di kampung ini semakin mengesankan.

Tidak ada acara penyambutan untuk tim juri. Namun, raut wajah ketiga juri tampak senang sejak berjalan memasuki kampung ini dari gapura di depan kampung. Di sepanjang jalan 400 meter, tanaman bunga menghiasi kiri dan kanannya. Di dekat pos ronda pun terdapat pojok baca.

Tapi, yang menarik perhatian tim juri ini ialah tanaman obat keluarga (toga). Sebab, pada penilaian tahap pertama pada awal Mei lalu belum ada.

”Yang saya rasakan, di sini banyak perubahan, terutama soal penghijauan,” kata Toyalis, juri perwakilan dari  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang.

Di lahan minimalis sekira 3 x 7 meter persegi, terdapat berbagai jenis tanaman seperti cengkih, kumis kucing, jahe merah, binahong, dan lainnya. ”Ini bagus. Nanti, RT 04 juga kita ikutkan lagi Lomba Kampung Sehat tingkat Kota Serang,” ungkapnya.

Toyalis mengungkapkan, kampung ini sangat berpotensi menjadi destinasi wisata. Soalnya, berlokasi di lereng Gunung Pancur sehingga dianugerahi suasana yang sejuk dan asri. ”Harus terus dipertahankan kebersihan dan penghijauannya,” imbau Toyalis.

Sementara itu, juri perwakilan Polres Serang Kota AKP Ahmadi menilai, alat kelengkapan di pos ronda sudah dipenuhi. Keamanan kampung ini kondusif.

Sayangnya, kelompok sadar hukum RT 04 belum disahkan oleh Pemerintah Kelurahan Pancur. Padahal, kelengkapan administrasi itu menjadi kategori tersendiri di LRLA. Terlebih, pengurusnya sudah terbentuk.

”Anggotanya sudah ada, tapi belum ada SK-nya,” tandas Ahmadi.

Menanggapi itu, Lurah Pancur Dulsalim berjanji akan segera meminta pengurus RT 04 untuk mengajukan nama-nama pemuda sebagai pengurus kelompok sadar hukum. ”Segera kami proses. Semoga, RT 04 jadi juara,” harapnya. (mg06/don)