Banyak PR yang Harus Dirampungkan

0
527 views

CIPOCOK JAYA – Penataan RT 01 RW 02, Lingkungan Jeranak, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, belum maksimal. Masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan warganya menuju penilaian tahap kedua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, sekira Agustus mendatang.

Tim 3 Juri LRLA yang melakukan penilaian tahap pertama, Senin (11/5), tampak kecewa melihat hasil penataan lingkungan RT 01. Pos ronda memang telah dibangun. Pemagaran jalan juga telah dilakukan oleh warga.

Namun, Ketua Tim 3 Ade Jumaiyah menyatakan, RT ini masih jauh  dari kata layak untuk bersaing dengan RT lain di lomba kebersihan dan keamanan ini. “Haduh, zonk lagi aja! Di sini masih banyak PR (pekerjaan rumah-red),” tegas nya.

Jika ingin mendapatkan poin tinggi sesuai komponen penilaian LRLA, jelas Ade, warga RT 01 perlu melakukan penghijauan, membuat ruang terbuka hijau (RTH), menanam bunga, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), membuat inovasi bisa berupa pengolahan sampah yang bernilai ekonomi, serta menyalurkan kreativitas pemuda dengan hiasan dari bambu atau barang bekas di sepanjang jalan.

“Supaya lingkungannya jadi hijau, asri, dan indah. Ini mah masih gersang,” tukas juri perwakilan TP PKK Kota Serang itu.

Ade juga menyarankan pengurus RT untuk membentuk kelompok sadar lingkungan dan kelompok sadar hukum yang disahkan oleh Pemerintah Kelurahan Banjarsari.

Kekurangan RT 01 juga ditemukan dari sisi keamanannya. Iptu Bingonilah menilai, pos ronda RT ini belum memadai. “Cuma ada kentongan dan jadwal ronda, masih perlu disempurnakan,” sarannya.

Lurah Banjarsari Roni Rohimat mengaku, penataan RT di Lingkungan Jeranak terkendala warga corona. Terlebih, wilayah ini dekat dengan RSUD Banten yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan virus corona. “Kalau ada bunyi ambulan lewat, yang pada kumpul kerja bakti langsung bubar ketakutan,” keluhnya. “Tapi akan segera kita benahi lagi lingkungannya,” pungkasnya. (mg06/don)