SERANG – Anggota DPRD Kabupaten Serang Komisi II Mohamad Dana mengatakan pembangunan SDN Bantarpanjang, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang harus diprioritaskan. Ia melihat terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM), salah satunya Pendidikan, sebaiknya diperhatikan. Terlebih, sarana di sekolah tersebut rentan ambruk. Sedangkan 65 siswa membutuhkan ruang kelas layak.

“IPM ini, salah satunya berbicara tentang sarana, harus lebih melihat pengajuan yang lebih prioritas bagaimana. Karena banyak persoalan yang harus langsung ditindaklanjuti seperti SDN Bantarpanjang ini,” kata dia, di Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Kamis (26/10).

Dikatakan, Bupati Serang dalam mendorong IPM seperti membangun sarana dan prasarana di sekolah tersebut jangan sampai gagal lelang. Ada kebijakan lain, yang menurutnya, SDN Bantarpanjang secepatnya dibangun.

“Karena ini adalah salah satu dasar untuk meningkatkan SDM di Bantarpanjang. Termasuk para murdinya jangan sampai terganggu hal seperti ini,” ujarnya.

Kerusakan sekolah ini sudah dialami bertahun-tahun. Tambah dia, pada 2014 sudah mengajukan tetapi ketika 2015 dianggarkan, justru renovasi yang turun. “Sekolah ini, kan, harus ada pembangunan lagi dari awal,” tuturnya.

Dikatakan, terkait regulasi kewenangan dari Dinas Pendidikan ke Dinas Permukiman harus ditinjau kembali. Karena hal tersebut menjadi salah satu kendala. Ia menilai Perkim memahami betul kendala yang terjadi di bawaj. Sedangkan urusan pendidikan terbawah, ia yakin Dinas Pendidikan sudah mengetahuinya.

“Ini yang harus ditinjau kembali, karena regulasi ini salah satu dasar untuk menindaklanjuti,” pungkasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).