Banyak Toga di RT 03, Purna Bhakti

0
550 views

TAKTAKAN – Lingkungan RT 03 RW 10, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, sudah dipenuhi tanaman obat keluarga (toga). Di setiap pekarangan rumah warga RT di Lingkungan Purna Bhakti ini, minimal ada lima jenis toga.

Penanaman toga sudah dilakukan warga sejak lama. Dimulai dari halaman rumah Suberta yang dipenuhi tanaman jahe, binahong, kencur, dan kunyit. Tanaman jenis sayur seperti cabai, terong, dan tomat juga ada.

Hobi Suberta menanam, menular ke warga RT 03 lainnya. Satu per satu, warga datang dan meminta bibit tanaman untuk ditanam di halaman rumahnya. Sejak itu, RT 03 menjadi hijau. “Alhamdulillah, sekarang warga jadi pada senang menanam,” kata Suberta kepada Radar Banten, Senin (13/4).

Ketua RT 03 Didin Solehudin mengungkapkan bahwa keberadaan toga menjadi motivasi warganya untuk percaya diri bersaing dalam Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Konsep yang kita persembahkan pada juri saat penilaian nanti ialah toga dan lingkungan hijau,” jelasnya. “Jalan-jalan di lingkungan kami sudah rapi dan bersih. (Warga-red) yang meronda juga semangat,” tambah Didin.

Menurut Didin, toga sangat membantu warganya. Jika ada yang sakit, warga tidak langsung datang ke klinik kesehatan. Warga mengonsumsi toga di pekarangan rumahnya untuk pengobatan. “Bahkan, banyak warga juga yang sering bikin jamu,” ujarnya.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Drangong, Brigpol Asep Wahyudi Saefullah dan Serka Faisal, membenarkan jika siskamling di RT 03 masih aktif. Setiap malam hari, pos ronda ramai oleh pemuda yang menjaga keamanan lingkungannya. “Kita rutin melakukan kontroling setiap malam. Alhamdulillah aktif dan kondusif,” kata Serka Faisal.

Lurah Drangong H Slamet Santosa menilai, LRLA merupakan program Pemkot Serang yang sangat mengedukasi warganya. “Warga Kelurahan Drangong menyambut antusias dan optimistis bisa juara,” pungkasnya. (mg06/don)