Bapenda Diharapkan Kreatif Dalam Meraup Pendapatan Daerah

0
489 views

SERANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten diharapkan kreatif dalam meraup pendapatan asli daerah.

Sekda Banten Ranta Soeharta pun meminta agar para pegawai di SKPD tersebut memaksimalkan penerimaan pajak daerah dari berbagai sektor, terutama pajak kendaraan. Hal tersebut karena pajak kendaraan masih menjadi andalan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Banten.

 

“Bapenda ini kan OPD penghasil, pencari, jadi buatlah kegiatan yang tidak muter-muter, yang jelas bagaimana mendapatkan uang, dengan cara service masyarakat supaya puas sehingga mereka bayar pajak terlayani dengan baik. Pesan saya jangan kemana-mana, cari target (pendapatan) berapa. Tahun depan mudah-mudahan APBD naik lagi, alhamdulillah tahun ini Rp 10,2 triliun dari sebelumnya Rp 9,2 triliun,” ujar Ranta,  Selasa (7/3).

 

Kendati pajak kendaraan datang dengan sendiri, namun para pegawai tetap diharuskan melakukan langkah-langkah baru agar potensi pendapatan tersebut bisa optimal. “Satukan persepsi yang baik.  Sebentar lagi kita akan terapkan e-samsat. Jawa Barat itu sebelum ada e-samsat pendapatannya sudah tercapai. Begitu e-samsat (ditertapkan) 3 kali lipat naiknya. Jadi yang kerja itu samsatnya mikir, bagaimana cara prediksi ekonomi 2017,” ujarnya. (Bayu)