Ruang pelayanan pajak daerah Pemkab Lebak.

LEBAK – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lebak optimistis target pendapatan daerah yang dibebankan kepada instansinya sebesar Rp76,9 miliar pada tahun ini dapat tercapai. Hingga Febuari, pendapatan pajak daerah sebesar Rp5,1 miliar dari 11 pajak daerah.

“Target penerimaan pajak daerah Rp76,9 miliar, naik dari tahun sebelumnya Rp74 miliar. Sampai dengan akhir Januari sudah masuk ke PAD di atas 8 persen atau Rp 5,1 miliar,” kata Hari Setiono di ruang kerjanya, Rabu (13/2).

Menurut Hari, sumber penerimaan pajak berasal dari 11 pajak daerah. Terdiri atas pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam, parkir, air tanah, sarang burung walet, PBB dan BPHTB.

“Dari 11 item pajak, paling besar dari pajak penerangan jalan dan pajak mineral bukan logam,” katanya.

Dia optimis target yang dibebankan dapat tercapai karena target setiap tahunnya selalu terpenuhi. Hal tersebut tidak terlepas dari semangat kerja pegawai dan meningkatnya kesadaran para wajib pajak.

“Kita optimis dapat tercapai seperti tahun sebelumnya. Istilahnya, tanah sejengkal pun tak akan terlewati. Jika itu memang sumber dan potensi pajak maka akan kita gali dan kejar terus sampai dapat,” katanya. (Nurabidin/Aas)