Barca Tekuk 10 Pemain Madrid, 3-2

Lionel Messi kembali menjadi dewa buat Barcelona. Foto: AFP

MADRID – Barcelona sukses menggusur Real Madrid dari puncak klasemen sementara La Liga. Dalam duel bertajuk El Clasico di Santiago Bernabeu, Senin (24/4) dini hari WIB, Barca mengemas tiga poin usai menang 3-2 atas tuan rumah Real Madrid.

Lionel Messi kembali menjadi dewa buat Raksasa Catalan. Dua golnya yang dicetak pada menit ke-33 dan satu detik jelang laga kelar, melukai si empunya stadion.

Gol pertama Messi tercipta untuk menyamakan kedudukan. Madrid unggul lebih dahulu lewat Casemiro pada menit ke-28. Skor 1-1 bertahan hingga wasit Alejandro Hernandez meniup peluit tanda jeda.

Ivan Rakitic membawa Barca unggul pada menit ke-73 lewat sepakan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti.

Messi kembali menghadirkan masalah buat Madrid. Pada menit ke-77, kapten Madrid Sergio Ramos terpaksa menerjang laju Messi. Tanpa ampun, wasit mengusir Ramos dengan kartu merah langsung.

Bermain dengan sepuluh pemain di saat tertinggal, Madrid justru keluar menyerang. Hasilnya dipetik pada menit ke-88 lewat sontekan James Rodriguez. Nah, di saat laga seperti akan berakhir imbang, Messi menciptakan gol kedua, ketiga buat Barca.

Lewat aksi solo run dari Sergi Roberto yang menggagas serangan balik Barca, Roberto memberi umpan kepada Jordi Alba yang tak perlu lama, mengirim bola ke depan gawang Keylor Navas. Messi muncul dan dengan kaki kirinya mengantar si kulit bundar kembali merobek gawang Madrid.

Opta melansir, gol tersebut merupakan gol ke-500 buat Messi selama berkarier di Barcelona. Rinciannya, 343 gol di La Liga, 94 di Liga Champions, 43 di Copa del Rey, 12 di Super Copa, lima di Piala Dunia Antarklub dan tiga gol di UEFA Super Cup. Setelah itu, peluit panjang pun berbunyi.

Dengan kemenangan ini, Barca berhak atas posisi puncak dengan 75 poin dari 33 pertandingan. Madrid juga punya 75 poin dari 32 laga (menyimpan satu laga tunda). Secara head to head, Madrid tak lebih baik dari Barca.

Di El Clasico pertama, kedua tim bermain imbang 1-1, dan Madrid kalah 2-3 di El Clasico kedua. (adk/jpnn)