Baros Diterjang Banjir

SERANG – Banjir menggenangi ruas jalan di Kampung Siliwung, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Kamis (1/3). Akibatnya terjadi kemacetan parah di sepanjang Jalan Raya Serang-Pandeglang. Tak hanya itu, rumah warga terkena dampak banjir dengan ketinggian 50 centimeter.

 

Informasi yang berhasil dihimpun, terjadinya banjir disebabkan karena intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Cipareang meluap ke jalan. Hujan terjadi sejak pukul 15:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

 

Iman, Warga Desa Sukamanah mengatakan, banjir yang terjadi saat ini menyebabkan kemacetan parah. Sampai sekarang pukul 20:00 WIB, kemacetan masih terjadi dari Baros ke Palima, Serang dan Baros ke Cadasari, Pandeglang. Sambungnya, diperkirakan tersendatnya arus lalu lintas ini mencapai 8 kilometer.

 

“Hujan deras. Sungai jadi meluap. Mungkin juga sungainya dangkal dan aliran drainase juga sempit. Air ngebalik lagi ke jalan raya sama ke permukiman warga,” kata dia saat dihubungi Radar Banten Online, melalui telepon, Kamis (1/3).

 

Akibat banjir yang menggenangi jalan, sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat mati mendadak. “Dari sore tadi, motor dan mobil sudah banyak yang mati. Karena air masuk ke mesin, jadinya mogok. Kalau yang saya lihat sekarang ini, ada dua mobil yang mogok,” paparnya.

 

Sementara itu, dihubungi terpisah Operator Pusdalops BPBD Kabupaten Serang Shadatullah membenarkan telah terjadi kebanjiran di Kampung Siliwung, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros.

 

“Sementara ini kondisi lalu-lintas di Jalan Raya Serang – Pandeglang terhambat dan sebagian rumah warga tergenang,” terangnya melalui pesan singkat, Kamis (1/3).

 

Ia bersama tim berangkat ke lokasi sekira pukul 19:00 WIB untuk melakukan assessment dan validasi data. Air semula 50 centimeter sudah surut mencapai 30 centimeter. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).