Baros, Petir dan Kragilan Tak Miliki Camat

0
840 views

SERANG – Sebanyak tiga jabatan camat di Kabupaten Serang kosong. Kekosongan jabatan camat karena ditinggal pensiun, meninggal dunia, serta pejabat sebelumnya dipromosikan menjadi pejabat eselon II.

Ketiga jabatan camat kosong itu yakni di Kecamatan Baros, Kecamatan Petir, dan Kecamatan Kragilan. Camat Baros Jazuli Mukri per 1 Agustus 2019 memasuki masa pensiun. Kemudian, Camat Petir ditinggalkan Ajat Sudrajat yang promosi menjadi Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hasil lelang jabatan. Sementara Camat Kragilan Ajuntono meninggal dunia pekan lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir (Bangrir) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Surtaman mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan pejabat untuk mengisi kekosongan beberapa jabatan. “Ada tiga jabatan camat yang kosong karena pensiun, meninggal, dan promosi jabatan. Sudah kita siapkan, tinggal kita sampaikan kepada Ibu Bupati kemudian dilantik,” ungkap Surtaman kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Kamis (1/8).

Kata Surtaman, pihaknya sudah mengusulkan tiga nama pejabat calon pengisi jabatan camat yang kosong untuk dipertimbangkan Bupati. Sayangnya, Surtaman enggan menyebutkan nama pejabat yang diusulkan. “Itu (nama pejabat yang diusulkan-red) rahasia. Yang pasti kita sudah mengajukan tiga orang untuk ngisi jabatan camat yang kosong, nanti dipilih Bupati untuk dilantik,” tukasnya.

Dijelaskan Surtaman, nama-nama yang diusulkan untuk mengisi posisi jabatan camat yang kosong sudah melalui pembahasan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), selain hasil asesmen jabatan eselon III. Selain mengisi kekosongan jabatan camat, pihaknya juga sedang melakukan lelang jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Jabatan Kepala DPMD kosong lantaran pejabat sebelumnya Abdullah dirotasi menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Lelang jabatan Kepala DPMD ditargetkan selesai akhir Agustus. Untuk pelantikan, Surtaman belum bisa memastikan.

“Pelantikan kewenangan Ibu Bupati. Yang pasti akhir Agustus kita targetkan segala tahapan selesai,” tegasnya.

Sementara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku segera melakukan pengisian kekosongan jabatan tiga camat. “Akan segera kita isi, nanti dibahas di Baperjakat,” ujarnya. (jek/zai/ags)