Baru 54 Persen Pemudik Kembali Dari Sumatera ke Jawa Melalui Pelabuhan Bakauheni-Merak

0
1.045 views

CILEGON – Arus balik mudik lebaran dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni-Merak terus mengalami peningkatan. Di H+6 ini, Sabtu (1/7) waktu penyeberangan 12 jam hingga pukul 20.00 WIB total sebanyak 513.378 orang atau baru sekitar 54 persen yang telah kembali dari Sumatera ke Jawa.

Sedangkan untuk roda 2 hingga hari ini sebanyak 50.921 atau sekitar 63 persen. Dan untuk roda 4 baru kembali dari Bakauheni hingga hari ini sebanyak 55.774 atau baru 58 persen.

Sekertaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengaku pihak PT ASDP Indonesia Ferry telah bekerjasama dengan stakeholder terkait, seperti Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni dan Banten, Kantor Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KOPP) Merak serta Kepolisian setempat pada arus mudik maupun arus balik tahun ini.

“Lintas penyeberangan Bakauheni – Merak sudah optimal dan siap layani arus balik angkutan lebaran. Pelaksanaan arus balik sudah sangat optimal baik dari sisi laut ataupun sisi darat,” ujar Sugihardjo.

Kerjasama dengan stakeholder terkait itu, sambung Sugiradjo guna menyukseskan kelancaran arus mudik dan arus balik. Sugihardjo menjelaskan jika dilihat dari sisi infrastruktur sarana dan prasarana di Pelabuhan Bakauheni pastilah kendaraan pemudik dapat tertampung dengan baik.

“Ini Saya tidak khawatir karena fasilitas dan area parkirnya di Bakauheni kan jauh lebih luas daripada di Merak,” kata Sugihardjo.

Sugihardjo menjelaskan jika nantinya terjadi antrian sampai 1 kilometer maka skenario yang akan disiapkan kepolisian adalah akan menampung di ruas tol sementara.

“Skenario sudah disiapkan oleh Kapolda misalnya terjadi antrian sampai 1 kilometer nanti akan ditampung di ruas tol sementara tapi itu belum sempat digunakan karena sampai saat ini seluruh alur kendaraan bisa ditampung dengan baik di pelabuhan,” ujar Sugihardjo. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)